Refleksi diri dengan hancurnya etika Jawa sebagai ide penciptaan seni lukis representasional / Rizky Eka Sagita - Repositori Universitas Negeri Malang

Refleksi diri dengan hancurnya etika Jawa sebagai ide penciptaan seni lukis representasional / Rizky Eka Sagita

Sagita, Rizky Eka (2018) Refleksi diri dengan hancurnya etika Jawa sebagai ide penciptaan seni lukis representasional / Rizky Eka Sagita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sagita Rizky Eka. 2018. Refleksi Diri Dengan hancurnya Etika Jawa Sebagai Ide Penciptaan Seni Lukis Representasional. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Triyono Widodo M.Sn. Kata Kunci Refleksi diri Hancurnya Etika Jawa Penciptaan Karya Seni Lukis Representaional. Refleksi diri merupakan suatu perenungan terhadap masa lalu yang kaitanya dengan perubahan menuju suatu hal yang lebih baik. Berawal dengan melihat cerminan diri dan lingkungan sekitar mengenai etika pencipta merasa bahwa nilai-nilai atau norma yang sekarang justru mengalami kemunduran atau bahkan kehancur. Generasi sekarang telah banyak yang kehilangan jati dirinya sebagai masyarakat penganut adat ketimuran. Hancurnya prinsip etika jawa dalam diri seperti kerukunan dan rasa hormat perlahan mulai menghilang. Toleransi menghargai satu sama lain seakan tidak dipedulikan oleh diri dan mayoritas generasi sekarang. Upaya ini dilakukan pencipta sebagai perenungan terhadap tindakan keseharian yang jauh dari norma adat timur bangsa Indonesia. Sekaligus menjadikan refleksi diri sebagai acuan untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya. Berdasarkan dari masalah tersebut pencipta menjadikannya sebagai ide atau gagasan dalam penciptaan seni lukis representasional. Metode penciptaan yang digunakan menggunakan metode Alma Hawkins yang memiliki tiga tahapan yaitu eksplorasi pencarian gagasan penentuan alat bahan dan teknik referensi sumber-sumber ataupun hal-hal yang berkaitan dengan unsur tematik kemudian eksperimentasi merupakan pengembangan dari apa yang telah didapat dalam tahap pertama. Tahap ketiga yaitu pembentukan merupakan sebuah proses visualisasi dalam penciptaan seni lukis representasional ini. Penciptaan seni lukis representasional ini menghasilkan 6 karya seni lukis dengan judul Titik Hilang Garis Waktu I don t Care Tampak Depan Relasi Negatif Positif dan Problem Klasik . Dengan media estetik seperti titik garis warna bentuk dan ruang serta simbolisasi dari pencipta terciptalah karya seni lukis representasional ini. Representasional dengan tema Refleksi diri dengan etika Jawa diharapkan menjadi tambahan wawasan bagi masyarakat serta lebih mengingat merenungkan kembali tentang tindakan-tindakan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk mendapatkan batasan dan mengetahui mana yang baik dan mana yang tidak untuk dilakukan. Meskipun berbeda paham etika dan bukan hanya orang jawa saja setidaknya budaya timur yang menjadi citra bangsa indonesia tidak hilang oleh gempuran budaya yang datang dari luar. Karena pada hakikatnya tujuan kita sama yaitu menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13162

Actions (login required)

View Item View Item