Bullying Pada Anak Usia Sekolah sebagai Inspirasi Penciptaan Seni Lukis Gaya Pribadi / Ovilia Anggi Novarida - Repositori Universitas Negeri Malang

Bullying Pada Anak Usia Sekolah sebagai Inspirasi Penciptaan Seni Lukis Gaya Pribadi / Ovilia Anggi Novarida

Novarida, Ovilia Anggi (2018) Bullying Pada Anak Usia Sekolah sebagai Inspirasi Penciptaan Seni Lukis Gaya Pribadi / Ovilia Anggi Novarida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Novarida Ovilia.Anggi. 2018. Bullying Pada Anak Usia Sekolah sebagai Inspirasi Penciptaan Seni Lukis Gaya Pribadi. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Triyono Widodo M.Sn. Kata Kunci Bullying Usia Anak Sekolah Penciptaan Karya Seni Lukis Gaya Pribadi. Bullying adalah perilaku agresif yang dilakukan secara sengaja dan terjadi berulang-ulang untuk menyerang seseorang target yang dianggap lemah. Ada yang menjadi pelaku korban dan saksi. Bullying merupakan masalah yang sering terjadi pada anak usia sekolahdiantaranya berbagai bentuk kekerasan baik secara fisik maupun verbal yang berdampak buruk bagi perkembangan psikologis anak. Dampak dari perilaku bullying diantaranyaprestasi akademik menurun hingga menyebabkan depresi (murung menarik diri untuk bersosialisasi).Permasalahan tersebut merupakan sumber inspirasi penciptaan karya lukis sebagai bentuk kepedulian dan keprihatinan terhadap peristiwa bullying pada anak usia sekolah. Ide penciptaan seni menggambarkan beberapa bentuk bullying yang diwujudkan dalam kekaryaan seni lukis gaya pribadi. Seni lukis gaya pribadi dipilih oleh pencipta karena pencipta memiliki ciri khas tersendiri yang dapat dilihat dari segi bentuk objek maupun teknik. Metode penciptaan menggunakan model proses kreatif Alma Hawkins yang meliputi tiga tahapan yaitu eksplorasi berupa kegiatan pengamatan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan unsur tematik yang akan diangkat. Kemudian eksperimentasi berupa pembentukan beberapa rancangan yang diseleksi untuk diwujudkan dan dipakai sebagai acuan dalam penciptaan karya. Serta pembentukan berupa penerapan sketsa pada bidang kanvas. Penciptaan ini menghasilkan 6 karya seni lukis yang berjudul The Bully Intimidasi Terselubung Cyber Bullying Anxiety danTersembunyi dengan media estetik berupa titik garis bentuk dan ruang warna serta tekstur sebagai perwujudan konsep. Melaluihasil penciptaan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman baru kepada pencipta maupun orang lain dalam mempelajari karya seni lukis bertema bullying pada anak usia sekolah.Diharapkan melalui apresiasi keenam karya lukis ini dapat menambah wawasan kepada masyarakat tentang gambaran perilaku bullying sehingga dapat ikut berpartisipasi dalam mencegah perilaku bullying.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13161

Actions (login required)

View Item View Item