Mobil dalam serial Manga Initial D sebagai inspirasi penciptaan karya seni digital berbasis infografis / Suhail Dzikria Kautsar

Kautsar, Suhail Dzikria (2018) Mobil dalam serial Manga Initial D sebagai inspirasi penciptaan karya seni digital berbasis infografis / Suhail Dzikria Kautsar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RANGKUMAN Kautsar Suhail Dzikria. 2018. Mobil Dalam Serial Manga Initial D Sebagai Ide Penciptaan Karya Seni Digital Berbasis Infografis. Skripsi Jurusan Seni Dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Moch. Abdul Rohman S.Sn M.Sn. Kata kunci mobil serial manga initial d seni digital infografis Permasalahan yang mendasari penciptaan ini adalah kurangnya minat kebanyakan orang untuk mengapresiasi sebuah karya seni. Selama ini kebanyakan orang menilai bahwa mengapresiasi sebuah karya cukup dengan hanya melihat dan mengamati karya tersebut saja. Padahal apresiasi juga dapat dilakukan dengan mengenali unsur yang terdapat pada sebuah karya. Dengan mengenali unsur yang terdapat pada sebuah karya seorang penikmat karya seni bisa mendapatkan informasi yang berguna atau bahkan penting dari karya tersebut. Hal ini tentunya dapat memperluas wawasan dan tidak menutup kemungkinan dapat menjadi sumber inspirasi bagi penikmat karya seni. Tujuan penciptaan karya seni ini yang diciptakan oleh pencipta adalah memperkenalkan kendaraan pada serial manga Initial D dalam wujud seni digital berbasis infografis secara menarik sehingga dapat menumbuhkan sikap apresiasi bagi penikmatnya. Metode penciptaan yang digunakan dalam penciptaan ini secara prosedural dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan memaparkan langkah-langkah secara berurutan dari proses awal hingga akhir tanpa terputus. Prosedur penciptaan dimulai dari melakukan persiapan elaborasi sintesis realisasi hingga tahap penyelesaian. Hasil dari penciptaan karya seni digital ini meliputi (1) proses produksi yang meliputi pengumpulan data sketsa dan visualisasi (2) karya yang dihasilkan berupa karya cetak berukuran A1 berjumlah 6 buah secara berseri (3) hasil karya akhir dipamerkan agar masyarakat dapat mengapresiasi karya seni yang telah diciptakan. Selain sebagai pembelajaran apresiasi dan penyampaian informasi bagi penikmatnya karya seni yang diciptakan dalam penciptaan ini diharapkan juga dapat menjadi produk dekorasi pada ruangan atau bahkan jika dikembangkan dapat menjadi benda yang dapat dikoleksi karena sifat serinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13157

Actions (login required)

View Item View Item