Peribahasa sebagai sumber inspirasi penciptaan karya seni lukis / Pratiwi Arsiana Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Peribahasa sebagai sumber inspirasi penciptaan karya seni lukis / Pratiwi Arsiana Putri

Putri, Pratiwi Arsiana (2018) Peribahasa sebagai sumber inspirasi penciptaan karya seni lukis / Pratiwi Arsiana Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Arsiana Pratiwi. 2018. Peribahasa Sebagai Sumber Penciptaan Karya Seni Lukis. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Triyono Widodo M.Sn. Kata Kunci Peribahasa Kiasan Karya lukis Peribahasa Indonesia merupakan suatu kalimat yang memiliki majas metafora yang indah. Majas metafora itu sendiri adalah suatu pengungkapan secara tidak langsung dalam artian lain kalimat pada peribahasa tersebut adalah bukan kalimat sebenarnya. Sehingga didalam sebuah peribahasa terdapat beberapa kata yang masih asing di dengar. Bukan hanya itu saja kalimat pada peribahasa bahkan susah untuk dipahami dan dimengerti. Dibalik majas yang indah pada peribahasa tersebut terdapat suatu arti atau kiasan yang tersembunyi di dalamnya. Arti atau kiasan tersebut biasanya mengandung sebuah pesan yang ditujukan kepada pembaca. Oleh karena penggunakan kata pada peribahasa susah dipahami dan dimengerti maka dari itu dilakukan pemvisualisasian terhadap kiasannya saja sedangkan untuk peribahasanya sendiri akan dijadikan judul pada karya lukis nanti. Sehingga apabila terdapat pertanyaan mengenai salah satu peribahasa yang dimaksudkan secara langsung pikiran akan teringat dengan gambaran dari kiasan yang telah digambarkan sebelumnya. Hal tersebut dilakukan supaya proses pemahaman terhadap peribahasa itu sendiri lebih mudah. Menurut para ahli komunikasi melalui visual lebih mudah dipahami daripada melalui media yang lain. Visualisasi dari kiasan tersebut disajikan dalam bentuk karya seni lukis yang berjumlah 6 buah. Media yang digunakan antara lain cat akrilik kanvas dengan berbagai ukuran kuas sedangkan warna-warna yang dipilih adalah warna primer dan campuran. Melalui penciptaan karya ini semoga dapat membantu pembaca untuk lebih memahami makna kiasan atau arti kiasan yang terdapat di dalam peribahasa Indonesia itu sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13154

Actions (login required)

View Item View Item