Hubungan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 13 Malang / Prima Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 13 Malang / Prima Arifin

Prima (2012) Hubungan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 13 Malang / Prima Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kebiasaan belajar Prestasi belajar Siswa SMP Membiasakan anak-anak untuk belajar merupakan salah satu faktor yang penting. Kebiasaan yang dibina dari saat ke saat ini akan banyak menguntungkan bagi orang tua maupun bagi anak. Siswa yang memiliki kebiasaan belajar yang baik akan memperoleh prestasi belajar yang baik pula. Sebaliknya anak yang kebiasaan belajarnya tidak baik prestasi belajarnya tidak maksimal. Sebagai mana dikemukakan Hamalik bahwa cara belajar turut menentukan hasil belajar yang diharapkan. Cara yang tepat akan membawa hasil yang memuaskan sedangkan cara yang tidak sesuai akan menyebabkan belajar itu kurang berhasil. Tujuan penelitian ini untuk (a) mendiskripsikan kebiasaan belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 13 Malang (b) mendiskripsikan prestasi belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 13 Malang (c) mengetahui hubungan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 13 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif korelatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 13 Malang tahun pelajaran 2011/2012 yang keseluruhan berjumlah 41 responden. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuisioner dengan kriteria jawaban selalu sering kadang-kadang tidak pernah. Analisis hasil penelitian menggunakan analisis persentase dan Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa kelas VII B SMP Negeri 13 Malang memiliki kebiasaan belajar yang baik di rumah dengan persentase 76 3% dan kebiasaan belajar yang baik di sekolah dengan persentase 78 7 %. (2) Prestasi belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 13 Malang menunjukkan kriteria baik dengan persentase 51 %. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa koofisien r ( korelasi product moment ) adalah (a) Ada hubungan (korelasi) sebesar 0.842 (sangat kuat) antara kebiasaan belajar di rumah dengan prestasi belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 13 Malang. (b) Ada hubungan (korelasi) sebesar 0.725 (kuat) antara kebiasaan belajar di sekolah dengan prestasi belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 13 Malang. Berarti ada hubungan yang signifikan antara variabel kebiasaan belajar (X) dengan prestasi belajar (Y). Saran yang disampaikan adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 13 Malang perlu meningkatkan prestasi agar dapat meningkatkan kriteria yang lebih tinggi dari yang telah dicapai saat ini dan perlu meningkatkan kebiasaan belajar yang lebih baik dalam rangka meningkatkan prestasi belajar. Kepala sekolah meningkatkan kualitas pendidikan dengan memberikan sarana dan prasarana atau fasilitas untuk siswa. Guru bidang studi PKn menentukan langkah yang tepat dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan mutu pengajaran. Orang tua diharapkan dapat menjadi motivator utama dalam belajar siswa dirumah dengan menerapkan kebiasaan belajar yang baik kepada putra-putrinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/131498

Actions (login required)

View Item View Item