Malia (2013) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasdil belajar siswa kelas XI IPS-2 SMAN Klakah-Lumajang / Malia Ulfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Problem Based Learning Hasil Belajar. Dewasa ini pendidikan telah mengalami perkembangan yang sangat pesat hal tersebut mengakibatkan adanya persaingan yang sangat ketat di bidang pendidikan maka untuk mengahadapinya diperlukan kualitas pendidikan yang bermutu dan semakin meningkat. Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut tentu telah di upayakan oleh berbagai pihak yang terkait dan saling bekerjasama untuk melakukan pembaharuan di bidang pendidikan. Berbagai usaha telah dilakukan oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan antara lain melalui berbagai pelatihan dan meningkatkan kualifikasi guru penyempurnaan kurikulum pengadaan buku dan alat pembelajaran perbaikan sarana dan prasarana pendidikan lainnya serta peningkatan mutu manajemen sekolah. Dari waktu ke waktu pemerintah selalu berusaha guna penyempurnaan pendidikan salah satunya seperti telah disebutkan yaitu penyempurnaan kurikulum. Pemerintah mengganti kurikulum 1994 menjadi kurikulum 2004 dan sekarang berubah lagi pada kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui pembaharuan kurikulum yaitu KTSP (Kurikulum TingkatSatuan Pendidikan) adalah meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan tujuan dan kompetensi yang akan dicapai. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru dalam pembelajaran kontekstual adalah Problem Based Learning (PBL). Model pembelajaran PBL merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang berpusat pada siswa dan mendorong inkuiri terbuka dan berpikir bebas membantu siswa untuk menjadi pembelajaran mandiri yang dapat memecahkan masalah. Adapaun rumusan masalah penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakan penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran PKn pada siswa kelas XI IPS-2 SMA N Klakah (2) Apakah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS-2 pada mata pelajaran PKn di SMA N Klakah Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini (1) perencanaan (2) tindakan (3) observer (4) refleksi di setiap siklus. Instrumen yang digunakan penelitian ini berupa (1) soal ulangan (2) pedoman observasi ketepatan guru (3) angket (4) catatan lapangan (5) dokumentasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/131479 |
Actions (login required)
View Item |