Penciptaan Karya Seni Patung Merespons Lingkungan Sungai Universitas Negeri Malang Sebagai Sumber Inspirasi Karya / Imam Mustaqim

Mustaqim, Imam (2018) Penciptaan Karya Seni Patung Merespons Lingkungan Sungai Universitas Negeri Malang Sebagai Sumber Inspirasi Karya / Imam Mustaqim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mustaqim, Imam. 2018. Penciptaan Karya Seni Patung Merespons Lingkungan Sungai Universitas Negeri Malang Sebagai Sumber Inspirasi Karya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Anak Agung Gde Rai Arimbawa, M.Sn. Kata Kunci: penciptaan, seni patung, merespons, lingkungan sungai Universitas Negri Malang, inspirasi Sungai sebagai sebuah ekositem sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Di Univesitas Negeri Malang terdapat bentangan ekositem sungai yang membelah kampus serta dibagian tengah terdapat jembatan yang menghubungkan kedua bagian tersebut. Dan jika diperhatikan sungai tersebut mempunyai keragaman hayati yang mampu mendukung tata ruang Universitas Negeri Malang. Letak jembatan tersebut menjadi tempat memandang lingkungan sungai paling ideal. Merespons lingkungan sungai sebagai sumber inspirasi merupakan bentuk implementasi sebagai manusia dengan kepekaan terhadap mengenali fenomena yang terjadi dilingkungannya. Didasari dari interaksi dengan lingkungan sungai Universitas Negeri Malang penulis ingin menyampaikan sebuah ide gagasan. Seni patung merupakan bagian dari sejarah umat. Seni patung sebagai cabang seni rupa yang memiliki aspek keruangan dan sudut pandang dari segalah arah. Karena itu penulis memilih seni patung sebagai media menyampaikan ide gagasannya. Proses dalam penciptaan karya seni patung ini bermula dari perancangan konsep yang didalamnya terdapat ide atau gagasan, tema, dan objek yang akan diciptakan, yaitu objek representasional. Proses dilanjutkan menentukan karakteristik karya, serta menentukan teknik serta alat dan bahan yang akan digunakan. Langkah selanjutnya adalah proses visualisasi, yaitu membuat sketsa diatas kertas. Tahapan utama selanjutnya adalah mewujudkannya dengan menggunakan penggabungan dua macam teknik yaitu teknik modelling, dan plastering. Tahapan akhir adalah memberikan warna, dan proses trakhir melapisi karya dengan pelapis cat transparan atau melamine. Penulis menampilkan enam karya seni patung dengan media estetik berupa volume, arah, ruang, dan tekstur sebagai visualisasi ekspresi dari konsep. Untuk karakteristik karya, menggunakan figur biota sungai berupa burung walet dan ikan sungai/wader, dan warna primer serta sekunder. Berdasarkan hasil penciptaan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman baru kepada penulis maupun orang lain dalam mempelajari karya seni patung. Dengan mengangkat tema lingkungan hidup melalui sudut pandang penulis, diharapkan dapat menyampaikan ide gagasan melalui enam karya seni patung yaitu ÔÇ£merahÔÇØ. ÔÇ£kuningÔÇØ, ÔÇ£biruÔÇØ, ÔÇ£hijauÔÇØ, ÔÇ£jinggaÔÇØ, ÔÇ£unguÔÇØ.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13147

Actions (login required)

View Item View Item