Kisah nabi sebagai sumber inspirasi penciptaan seni lukis realis / Afiv Ferdinawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Kisah nabi sebagai sumber inspirasi penciptaan seni lukis realis / Afiv Ferdinawan

Ferdinawan, Afiv (2018) Kisah nabi sebagai sumber inspirasi penciptaan seni lukis realis / Afiv Ferdinawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ferdinawan Afiv. 2017. Kisah Nabi Sebagai Sumber Inspirasi Penciptaan Karya Lukis Realis. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Triyono Widodo M.Sn. Kata Kunci Kisah Nabi Penciptaan Lukisan. Tema penciptaan seni lukis dalam penulisan skripsi ini adalah Kisah Nabi. Perstiwa Kisah Nabi banyak tersurat dalam kitab Al-Qur an dan Sunnah. Kisah-kisah tersebut memiliki banyak hikmah yang dapat dipetik oleh umat manusia sebagai pedoman hidup. Tokoh nabi dipilih oleh penulis sebagai sumber inspirasi karena memiliki sifat yang begitu mulia dan patut diteladani. Hal tersebut memunculkan rasa kagum pencipta karya dan tertarik untuk memvisualkanya.Kisahnya kemudian divisualisasikan ke dalam karya seni lukis dengan alat pensil warna dan media kertas. Dari pengamatan kisah tersebut pencipta mewujudkanya dalam bentuk seni lukis realis bercorak Neoklasik. Penulis memiliki pengalaman estetik ketika mengamati lukisan karya J.L David yang merupakan pelopor dari lukisan Neo-Klasik sehingga penulis ingin mewujudkan bentuk lukisan gaya serupa menggunakan kreativitas pribadi. Metode penciptaan dalam mewujudkan karya ini menggunakan metode dari D.H Champman yang mengemukakan ada 3 tahap penciptaan meliputi tahap permulaan tahap penyempurnaan dan tahap penyelesaian. Kemudian penulis mengembangkan metode tersebut disesuaikan dengan lingkungan pribadi. Penulis menampilkan 7 karya seni lukis dengan media estetik berupa garis bentuk dan warna. Karakteristik ketujuh karya ini adalah menonjolkan draphery dominan warna coklat penggambaranya berupa adegan dan visualisasi latar bernuansa timur tengah.Berdasarkan penciptaan karya lukis ini penulis mendapat pengalaman baru melalui proses kreatif dalam mewujudkan karya lukis yang terinspirasi dari kisah nabi. Mulai dari proses perancangan konsep hingga proses visualisasi karya. Melalui penciptaan karya ini diharapkan mendapat apresiasi positif masyarakat tentang media dakwah baru yang berupa karya lukis bernuansa islam sehingga masyarakat dapat mengapresiasi karya sekaligus memetik hikmah yang tersirat dalam karya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13142

Actions (login required)

View Item View Item