Peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran ragam hias melalui pendekatan PAIKEM dengan model pembelajaran "picture to picture" kelas X B2 Tata Boga SMKN 3 Probolinggo / Muhammad Royyan Suryana - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran ragam hias melalui pendekatan PAIKEM dengan model pembelajaran "picture to picture" kelas X B2 Tata Boga SMKN 3 Probolinggo / Muhammad Royyan Suryana

Suryana, Muhammad Royyan (2018) Peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran ragam hias melalui pendekatan PAIKEM dengan model pembelajaran "picture to picture" kelas X B2 Tata Boga SMKN 3 Probolinggo / Muhammad Royyan Suryana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suryana Muhammad Royyan. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran Ragam Hias Melalui Pendekatan Paikem dengan Model Picture To Picture kelas X B2 Tata Boga SMKN 3 Kota Probolinggo. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Tjitjik Sriwardhani M.Pd. Kata kunci hasil belajar ragam hias picture to picture SMK. Metode pembelajaran sangatlah penting dalam upaya peningkatan hasil belajar. Pembelajaran di SMK 3 Kota Probolinggo masih menggunakan metode ceramah yang tergolong metode yang pasif untuk peserta didik yang mana berimbas pada hasil belajar peserta didik. Maka dengan itu dilaksanakannya penelitian tindakan kelas guna mencari tahu sejauh mana hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan metode pembelajaran picture to picture . Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan pendekatan paikem dengan metode picture to picture yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X B2 SMKN 3 Probolinggo pada materi ragam hias. Penelitian Tindakan Kelas dirancang dalam dua siklus dengan subjek penelitian peserta didik kelas X B2 SMKN 3 Probolinggo sejumlah 28 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi tes dan dianalisis secara deskriptif menggunakan presentase (%) berdasarkan hasil nilai yang didapat. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana pada siklus 1 terdapat beberapa kekurangan yang kemudian harus diperbaiki pada siklusII pada siklus II terdapat peningkatan sehingga siklus dihentikan. Hasil penelitian merupakan hasil nilai tugas peserta didik pada materi ragam hias dengan metode pembelajaran picture to picture berdasarkan indikator penilaian yang dalam rencana pembelajaran. nilai dengan kategori sangat baik pada siklus I sebesar 7 1% kategori baik pada siklus I sebesar 35 2% kategori cukup baik pada siklus I sebesar 50% dan kategori cukup pada siklus I sebanyak 10 7%. Pada siklus II nilai kategori sangat baik pada siklus II sebesar 14 2% dengan kategori baik pada siklus II sebesar 53 5% nilai kategori cukup pada siklus II sebesar 25%. Nilai dengan kategori kurang pada siklus II sebesar 7 1%. . pada siklus I memiliki rata - rata nilai sebesar 75 1% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata - rata 79% dengan peningkatan sebesar 4 %. Disamping hasil tes tugas peserta didik juga mengalami peningkatan pada tugas menggambar ragam hias pada siklus II yang mana terdapat peningkatan corak ragam hias yang lebih bervariasi dibandingkan tugas menggambar ragam hias pada siklus I. Berdasarkan paparan data dapat disimpulkan pemilihan metode pembelajaran picture to picture dapat meningkatkan hasil belajar. Secara keseluruhan peningkatan hasil pembelajaran dari siklus I ke siklus II hasil nilai tugas pada peserta didik pada materi ragam hias dengan metode pembelajaran picture to picture pada siklus I memiliki rata - rata nilai sebesar 75 1% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata - rata 79% dengan peningkatan sebesar 4 %. Akan lebih baik bila melakukan persiapan dan melakukan penguatan materi serta sehingga peserta didik dapat lebih aktif dalam meningkatkan hasil belajar di sekolah daripada yang dilakukan oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13140

Actions (login required)

View Item View Item