Tujuh tipe kepribadian manusia sebagai inspirasi penciptaan karya lukis / Wahyu Arzaky - Repositori Universitas Negeri Malang

Tujuh tipe kepribadian manusia sebagai inspirasi penciptaan karya lukis / Wahyu Arzaky

Arzaky, Wahyu (2018) Tujuh tipe kepribadian manusia sebagai inspirasi penciptaan karya lukis / Wahyu Arzaky. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arzaky Wahyu. 2017. Tujuh Tipe Kepribadian Manusia Sebagai Inspirasi Penciptaan Seni Lukis. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Triyono Widodo M.Sn. Kata kunci Kepribadian penciptaan dan seni lukis Manusia merupakan salah satu makhluk ciptaan tuhan yang paling sempurna. Manusia tampil dengan keunikannya bahkan dengan beragam kepribadian yang yang terwujud kedalam bentuk perilaku. Keunikan dan kepribadian tiap individu seseorang pasti berbeda-beda. Semua itu dapat dilihat dari keseharian kita saat berinteraksi ataupun bersosialisasi dengan teman kerabat ataupun masyarakat. Kepribadian adalah suatu keseluruhan sikap ekspresi perasaan cirri khas dan juga prilaku seseorang sikap perasaan ekspresi dan prilaku tersebut akan terwujud dalam tindakan seseorang kalau di hadapkan kepada situasi tertentu. Butuh waktu yang sangat lama untuk mengetahui kepribadian tiap individu seseorang. Pada penciptaan ini pencipta mengambil ide atau gagasan berkaya dari kepribadian yang dimiliki oleh tiap seseorang disekitarnya seperti teman keluarga ataupun masyarakat. Ide atau gagasan tersebut diwujudkan dalam karya seni lukis. Seni lukis dipilih oleh pencipta sebagai media berkreasi dalam mengekspresikan jiwa. Proses dalam penciptan karya seni lukis ini bermula dari perancangan konsep yang didalamnya terdapat ide tau gagasan tema dan objek yang akan diciptakan yaitu objek surealis. Setelah itu menentukan karakteristik karya kemudian menentukan teknik serta alat dan bahan yang akan digunakan. Jika semuanya sudah terpenuhi untuk langkah selanjutnya adalah proses untuk visualisasi yaitu terlebih dahulu membuat sketsa diatas kertas kemudian dipindahkan diatas kanvas. Tahapan pertama pada media kanvas adalah pengerjaan objek dengan sapuan cat. Tahapan kedua yaitu mengeblok background dengan sapuan kuas dan dilanjutkan pemberiat cat dengan teknik semprot dan plotot. Hasil dari penciptaan karya seni lukis ini adalah visualisasi dari kepribadian manusia. Dalam penciptaan karya seni lukis ini menampilkan 6 karya lukis dengan media estetik berupa garis warna tekstur bentuk dan ruang sebagai simbolisasi dari konsep media fisik berupa kanvas dan cat akrilik. Menggunakan beberapa teknik yaitu teknil plakat spattering dan plotot. Melalui penciptaan karya ini semoga memberikan sebuah pengalaman estetik bagi pencipta untuk mengembangkan beberapa teknik yang menghasilkan karya lukis yang representasional bermakna menarik unik indah dan menyenangkan.Selain itu pencipta berharap melalui karya ini dapat bermanfaat khususnya bagi pendidikan serta masyarakat selaku pemerhati seni.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13138

Actions (login required)

View Item View Item