Analisis estetika karya pemenang lomba Fotografi National Geographic / Kukuh Paku Muslim - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis estetika karya pemenang lomba Fotografi National Geographic / Kukuh Paku Muslim

Muslim, Kukuh Paku (2017) Analisis estetika karya pemenang lomba Fotografi National Geographic / Kukuh Paku Muslim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Paku Muslim Kukuh. 2017. Analisis Estetika Karya Pemenang Lomba Fotografi National Geographic. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Triyono Widodo M.Sn Kata Kunci Estetika Fotografi National Geographic National Geographic merupakan yayasan terkenal karena hasil fotografinya yang baik dan indah. Foto yang baik tidak hanya berasal dari peralatan yang mahal tetapi juga begantung dari rasa seni/estetik fotografer dan kondisi alam. Penelitian ini mengarah pada penerapan estetik ada beberapa cara untuk mengahsilkan foto yang baik. Salah satunya dengan menerapkan prinsip dasar tatarupa serta teori golden ratio dan fibonacci. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan prinsip tatarupa teori golden ratio dan fibonacci pada karya para pemenang lomba fotografi National Geographic. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Instrument yang digunakan adalah instrument manusia yaitu peneliti sendiri. Analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan triangulasi penyidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 98% hasil karya fotografi lomba National Geographic telah menerapkan estetika fotografi. Adapun kesimpulan hasil penelitian ini sesuai dengan penerapan prinsip tata rupa teori golden ratio dan fibonacci 1) Foto ke-1 sampai ke-5 telah menerapkan irama 2) pada prinsip kesatuan semua foto menggunakan kesatuan dengan pendekatan berupa kemiripan keterkaitan keterikatan dan kesamaan 3) dominasi yang digunakan pada kelima foto National Geographic adalah dominasi kelainan keunggulan kontras berselisih kontras ekstrim 4) seluruh foto menggunakan prinsip keseimbangan berupa keseimbangan asimetri sederajat memancar dan simetri 5) ditemukan penerapan proporsi ideal dan penyangatan 6) prinsip kesederhanaan telah diterapkan kecuali pada karya Kethleen 7) kejelasan telah diterapkan pada seluruh karya foto 8) point of interest pada kelima karya telah diterapkan 9) golden ratio yang diterapkan adalah rule of thirds rectangle triangle dan spiral dan 10) teori Fibonacci telah diterapkan dengan sangat baik pada kelima karya tersebut. Dari setiap indikator telah diterapkan berbagai macam jenis sub indikator yang ada. Dari semua penjelasan tersebut dapat dikatakan bahwa foto para pemenang lomba National Geographic kategori Travelling Photography merupakan karya foto yang baik dan indah. Beberapa saran dari peniliti sebagai berikut (1) untuk para fotografer hendaknya memperhatikan indikator yang telah dibahas oleh peneliti dan menjadikannya sebagai refrensi sebelum melakukan eksekusi pemotretan sehingga dapat membantu memperindah tampilan visual foto (2) peneliti lain agar menjadikan penelitian ini sebagai refrensi dan melengkapi jika perlu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13123

Actions (login required)

View Item View Item