Budaya membuang sampah sembarangan sebagai inspirasi penciptaan karya seni lukis / Engga Bagus Setiyawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Budaya membuang sampah sembarangan sebagai inspirasi penciptaan karya seni lukis / Engga Bagus Setiyawan

Setiyawan, Engga Bagus (2017) Budaya membuang sampah sembarangan sebagai inspirasi penciptaan karya seni lukis / Engga Bagus Setiyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setiyawan Engga Bagus. 2017. Budaya Membuang Sampah Sembarangan sebagai Inspirasi Penciptaan Karya Seni Lukis. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Triyono Widodo M.Sn. Kata Kunci Membuang sampah sembarangan seni lukis penciptaan karya seni lukis Seni adalah segala kegiatan dan hasil karya manusia yang mengutarakan pengalaman batinnya disajikan secara unik dan menarik memungkinkan timbulnya pengalaman atau kegiatan batin pula pada diri orang lain yang melihatnya. Sampah merupakan suatu buangan atau produk sisa dalam bentuk padat sebagai akibat kegiatan manusia yang dapat dianggap sudah tidak bermanfaat lagi. Sampah dapat menimbulkan bahaya atau gangguan terhadap lingkungan dan kesehatan manusia apabila tidak dikelola dengan baik. Persampahan tidak luput dari permasalahan diantaranya adalah kebiasaan membuang sampah sembarangan dilakukan hampir di semua kalangan masyarakat tidak hanya warga miskin bahkan mereka yang berpendidikan tinggi juga melakukannya. Sebagai upaya dalam menjaga lingkungan dan kesehatan sudah sepantasnya masyarakat membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya. Pencipta berharap dengan pembuatan karya seni lukis ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Tujuan penulisan dan penciptaan karya seni lukis ini adalah untuk mengungkapkan ide atau gagasan dalam karya seni lukis semi abstrak/representasional dengan corak dekoratif dan mencari pengalaman dalam berkarya seni lukis. Penciptaan karya seni lukis ini menggunakan gaya dekoratif dengan tema budaya membuang sampah sembarangan ide membuang sampah sembarangan itu tidak baik karena dapat menimbulkan dampak-dampak negatif. Objek yang pencipta gunakan adalah manusia dan bentuk sampah yang telah disederhanakan diubah pada aspek proporsi pewarnaan menggunakan alat pisau palet secara tidak beraturan serta bertekstur kasar. Pencipta juga menampilkan objek penggambaran dampak buruk membuang sampah sembarangan yang digayakan. Karya penciptaan ini memiliki karakteristik pribadi yaitu berkesan dua dimensional menggunakan warna primer dan sekunder serta memakai teknik plakat dan impasto. Penciptaan karya seni lukis ini terdiri dari beberapa prosedur penciptaan diantaranya menyiapkan alat dan bahan mengeblok kanvas membuat sket pada kertas kemudian dipindahkan ke kanvas mengeblok objek menerapkan warna secara tidak beraturan dan bertumpuk pada objek manusia dan sampah menggunakan pisau palet mengeblok objek pengambaran dampak buruk membuang sampah sembarangan pemberian detail dan finishing lukisan. Hasil penciptaan karya seni lukis ini adalah visualisasi objek manusia bentuk sampah dan penggambaran dampak buruk membuang sampah sembarangan. Pada penciptaan karya seni lukis ini menampilkan 6 lukisan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13116

Actions (login required)

View Item View Item