Pembelajaran dasar fotografi sebagai pendukung pembelajaran ekstrakurikuler jurnalistik di SMPN 3 Malang / Rudi Hartono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran dasar fotografi sebagai pendukung pembelajaran ekstrakurikuler jurnalistik di SMPN 3 Malang / Rudi Hartono

Hartono, Rudi (2017) Pembelajaran dasar fotografi sebagai pendukung pembelajaran ekstrakurikuler jurnalistik di SMPN 3 Malang / Rudi Hartono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hartono Rudi. 2017. Pembelajaran Dasar Fotografi Sebagai Pendukung Pembelajaran Ekstrakurikuler Jurnalistik di SMP Negeri 3 Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Triyono Widodo M.Sn. Kata Kunci Pembelajaran Dasar Fotografi Ekstrakurikuler Jurnalistik. Pembelajaran dasar fotografi sebagai pendukung pembelajaran ekstrakurikuler jurnalistik yang ada di SMP Negeri 3 Malang tergolong cukup baik. Hal tersebut didasarkan pada rata-rata nilai siswa yang telah lulus standar ketuntasan minimal. Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini meliputi (1) bagaimana perencanaan pembelajaran dasar fotografi sebagai pendukung pembelajaran ekstrakurikuler jurnalistik di SMP Negeri 3 Malang (2) bagaimana proses kegiatan pembelajaran dasar fotografi sebagai pendukung pembelajaran ekstrakurikuler jurnalistik di SMP Negeri 3 Malang (3) bagaimana proses evaluasi kegiatan pembelajaran dasar fotografi sebagai pendukung pembelajaran ekstrakurikuler jurnalistik di SMP Negeri 3 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa data kualitatif berwujud catatan lapangan mengenai perencanaan pelaksanaan dan penilaian pembelajaran dasar fotografi. Data perencanaan diperoleh melalui wawancara dan studi dokumen. Data mengenai pelaksanaan pembelajaran diperoleh melalui observasi. Data mengenai penilaian pembelajaran diperoleh melalui observasi dan studi dokumen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia atau peneliti sendiri. Instrumen seperti pedoman wawancara pedoman observasi dan pedoman studi dokumen dijadikan instrumen pendukung. Hasil penelitian pembelajaran dasar fotografi sebagai pendukung pembelajaran ekstrakurikuler jurnalistik di SMP Negeri 3 Malang adalah sebagai berikut. (1) Pembina menyusun sendiri rencana kerja dalam melaksanakan pembelajaran dasar fotografi. (2) Pelaksanaan pembelajaran dasar fotografi dilaksanakan dalam dua pertemuan. Pelaksanaan pembelajaran di kelas dan diluar kelas sesuai program kerja ekstrakurikuler. Pertemuan pertama ditujukan untuk memberikan materi secara menyeluruh mengenai dasar fotografi. Kegiatan pendahuluan dilakukan pembina dengan apersepsi. Kegiatan inti pembina memberikan contoh komponen kamera dan beberapa contoh karya fotografi. Pertemuan kedua pembina melakukan pembelajaran di luar kelas pembina membimbing siswa untuk berkarya fotografi dengan berbagai komposisi dalam fotografi. (3) Penilaian pembelajaran dasar fotografi hanya mencakup penilaian hasil sedangkan penilaian proses tidak dilakukan oleh pembina. Penilaian hasil diperoleh melalui hasil siswa berkarya fotografi di luar kelas. ABSTRACT Hartono Rudi. 2017. Learning The Basic Of Photography As A Learning Support The Extracurricular Of Journalism In Junior High School 3 Malang. Thesis Fine Art Department Faculty of Letter State University of Malang. Advisor Drs. Triyono Widodo M.Sn. Keywords Learning Basic Photography Extracurricular Journalism. Learning the basic of photography as a supporting the extracurricular of journalism that is in Junior High School 3 Malang is quite good. It is based on the average value of students who have passed the standard minimum completeness. The problem formulated in the research include (1) how the planning of learning the basic of photography as a learning support the extracurricular of journalism in Junior High School 3 Malang (2) how the process of learning the basic of photography as a learning support the extracurricular of journalism in Junior High School 3 Malang (3) how to process of evaluation learning the basic photography as an learning support the extracurricular of journalism at Junior High School 3 Malang. This research uses descriptive qualitative research design. This research data in the form of qualitative data in the form of field notes on planning implementation and assessment of learning the basics of photography. Planning data obtained through interviews and document study. Data on the implementation of learning gained through observation. Data obtained through the assessment of learning are observation and document study. The instrument used to collect data in the form of the human instrument or the researchers themselves. Instruments such as interview guidelines observation guidelines and guidelines used as a study document supporting instruments. The results of research the learning of basic photography as an support learning extracurricular of journalism at Junior High School 3 Malang is as follows. (1) Coach formulate their own plan of work in implementing the basic learning photography. (2) Implementation of learning the basic of photography held in two meetings. Implementation of learning in the classroom and outside the classroom in accordance with program of extracurricular learning. The first meeting is intended to give the material thoroughly on the basis of photography. Preliminary activities the coach doing out with apersepsi. Core activities the coach gives examples the component of cameras and some examples of photographic work. The second meeting the coach doing learning outside the classroom the coach give photographic guide to work with a variety of composition in photography. (3) the assessment learning the basic of photography only include an assessment of the results while the assessment of the process is not carried out by the coach. Assessment of the results obtained through the photography work of students outside the classroom.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13115

Actions (login required)

View Item View Item