Penggunaan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar menggambar ragam hias pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tarokan Kabupaten Kediri / Pita Yuhana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar menggambar ragam hias pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tarokan Kabupaten Kediri / Pita Yuhana

Yuhana, Pita (2017) Penggunaan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar menggambar ragam hias pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tarokan Kabupaten Kediri / Pita Yuhana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pita Yuhana.2016. Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Ragam Hias Pada Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 1 Tarokan Kabupaten Kediri. Skripsi. Program Studi Pendidikan Seni Rupa. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hariyanto M.Hum Kata Kunci Media Puzzle MenggambarRagamHias SeniRupa Menggambarseharusnyamerupakansuatukegiatan yang menyenangkanbagisiswa tetapibagisiswa SMP kemampuanmenggambarsajatidakcukup siswajugaharusmengetahuiteorimembuatgambar yang baik.Sayangnya yang terjadi di SMP Negeri 1 Tarokansiswakurangmenguasaiteorimenggambarragamhias.Akibatnyahasilbelajar pun jugaturutrendah.Tidakhanyaitu proses pembelajaran yang selamainidilakukan guru membuatsiswamenjaditidaktertarikuntukbelajarmenggambar.Untukitu perluadanyaupayauntukmemperbaikihaltersebut salahsatunyadenganmemanfaatkan media puzzledalampembelajaran. Penggunaan media puzzle yang tepatdiharapkandapatmenarikminatbelajarsiswakembalisekaligusdapatmeningkatkanhasilbelajarmereka. Bertolakdaripernyataan di atas makapenelitianinipadadasarnyaditujukanuntukmembahaspembelajarandenganfokuspenelitianadalah (1) Implementasipembelajaransenirupamenggambarragamhiasmenggunakan media puzzlepadapesertadidikkelas VII di SMP Negeri 1 Tarokantahun 2016 (2) Hasilbelajarmenggambarragamhiasmenggunakan media puzzlepadapesertadidikkelas VII di SMP Negeri 1 Tarokantahun 2016 PenelitianinimenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelas.Subyekdalampenelitianiniadalah 30 siswa SMP Negeri 1 Tarokankelas 7C yang diajarmenggunakan media puzzle. Penelitiandilaksanakansebanyak 2 siklusdenganmasing-masingsiklus2 kali pertemuandengandurasi 3jp x 40 menit.Teknikpengumpulan data yang digunakanadalah observasi dokumentasi angket dantes. Teknikanalisis data yang digunakanadalahteknikanalisis data interaktif. Hasilpenelitianiniadalah (1) Pembelajarandilakukandalam 2 siklus Padasiklus I penggunaanpuzzledimaksudkanuntukmenarikminatbelajarsiswadanmemudahkansiswadalammengidentifikasigambar Padasiklus II puzzledigunakanuntukmeningkatkankemampuansiswadalammenganalisis detail gambardanidentifikasigambarberdasarkanteknik (2) Hasilbelajarselamamenggunakan media pembelajaranpuzzlemenunjukkanhasil yang baik. Padaprasiklusketuntasanbelajaraspekkognitifhanya 33% padasiklus I naikmenjadi 77% padasiklus II naikmenjadi 97%.Untukaspekketerampilan padasiklus I diperolehketuntasan 90% kemudianmeningkatpadasiklus II menjadi 97%.Untukaspeksikapdiakhirsiklusmenunjukkanhasilbaikyaitu 10% siswamemilikisikapsangatbaikdan 83% memilikisikapbaikpadaaspekkejujuran disiplin kerjasama dankeaktifan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13111

Actions (login required)

View Item View Item