Peningkatan kemampuan menggambar karikatur melalui deformasi objek yang difoto pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 4 Kertosono Kabupanten Nganjuk / Yuni Warmundayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menggambar karikatur melalui deformasi objek yang difoto pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 4 Kertosono Kabupanten Nganjuk / Yuni Warmundayati

Warmundayati, Yuni (2017) Peningkatan kemampuan menggambar karikatur melalui deformasi objek yang difoto pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 4 Kertosono Kabupanten Nganjuk / Yuni Warmundayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Warmundayati Yuni 2016. Peningkatan Kemampuan Menggambar Karikatur Melalui Deformasi Objek Yang Difoto Pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 4 Kertosono Kabupaten Nganjuk. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Hj. Purwatiningsih M.Pd Kata Kunci deformasi menggambar karikatur Menggambar karikatur pada sebagian siswa mempunyai tingkat kesulitan untuk mengaplikasikannya. Di situ membutuhkan ketrampilan tersendiri terutama dalam mengaktualisasikan karakter objek. Selain itu strategi pembelajaran yang diberikan oleh guru harus tepat. Seperti halnya yang terjadi di Kelas VIII-A SMP Negeri 4 Kertosono kemampuan membuat sket/gambar objek sebelum dideformasi dan kemampuan membuat sket/gambar objek yang dideformasi rata-rata menunjukkan hasil yang kurang maksimal.Oleh sebab itu diperlukan langkah-langkah tindakan perbaikan dan penyempurnaan pembelajaran menggambar karikatur khususnya dalam usaha menyederhanakan teknik yang pada akhirnya mempermudah siswa dalam belajar menggambar karikatur. Tindakan yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode objek yang difoto. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas melalui 2 tahapan siklus. Yang setiap siklusnya melalui tahapan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas tersebut sedangkan objek penelitian adalah keseluruhan proses dan hasil pembelajaran dengan menerapkan metode deformasi objek yang difoto.Teknik pengumpulan data yang dipergunakan melalui observasi dan tes kemampuan menggambar. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukan adanya perkembangan positif terhadap kemampuan menggambar karikatur siswa kelas VIII-A SMP Negeri 4 Kertosono. Pada siklus I data menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari 11 (34 40%) anak yang tuntas menjadi 13 (40 60%) anak yang tuntas. Meskipun demikian siswa masih mengalami kesulitan dalam menggambar objek pokok tokoh. Selanjutnya dilakukanlah penyempurnaan tindakan pada siklus II dengan meblat foto tokoh yang akan dideformasi. Dari hasil tindakan ternyata data menunjukan respon siswa dalam pembelajaran semakin baik hasil pembelajaran meningkat. Tingkat ketuntasan belajar dari siklus I 13 anak (40 60%) menjadi 31 anak (96 90 %). Sedangkan nilai rata-rata hasil tes praktek setiap indikator penilaian pada siklus I yaitu a) sket sebelum dideformasi 62 50% b) mendeformasi objek 63 28% c) finishing 67 97%. Untuk siklus II nilai rata-rata tes praktek setiap indikator penilaian yaitu a) sket sebelum dideformasi 75 78% b) mendeformasi objek 73 44% c) finishing 82 03%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui deformasi objek yang difoto dapat meningkatkan kemampuan menggambar karikatur siswa kelas VIII-A SMP Negeri 4 Kertosono Nganjuk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13107

Actions (login required)

View Item View Item