Widayati, Any (2017) Peningkatan kemampuan menggambar bentuk flora dengan menggunakan metode drill padasiswa kelas VII B SMP Negeri 2 Grati Kabupaten Pasuruan / Any Widayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Any Widayati 2016 Peningkatan Kemampuan Menggambar Bentuk Flora Dengan Menggunakan Metode Drill Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Grati Kabupaten Pasuruan. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Hj. Purwatiningsih M.Pd. Kata Kunci kemampuan menggambar bentuk metode drill Siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Grati Kabupaten Pasuruan menunjukkan bahwa dalam kegiatan menggambar membutuhkan waktu yang lama dan hasil menggambar kurang maksimal. Hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor diantaranya kesulitan siswa dalam mengamati dan memindahkan objek ke dalam media siswa kurang mampu menerapkan proporsi komposisi teknik arsir pada bentuk flora dan juga faktor yang disebabkan dalam diri siswa seperti malu takut salah kurang konsentrasi dan malas. Berdasarkan paparan tersebut sikap belajar siswa dapat ditingkatkan melalui pemberian motivasi dan reward pada teknik menggambar dapat ditingkatkan melalui latihan yang intensif maka dilakukan pembelajaran menggambar bentuk flora dengan menggunakan metode drill. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) observasi dan 4) refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Grati Kabupaten Pasuruan yang berjumlah 42 siswa sedangkan objek penelitian adalah keseluruhan proses dan hasil pembelajaran dengan penerapan metode drill untuk meningkatkan kemampuan menggambar bentuk flora pada siswa kelas tersebut. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan menggambar dan lembar observasi. Instrumen penelitian tersebut digunakan untuk mengetahui proses dan hasil belajar siswa menggambar bentuk flora. Hasil siklus I menunjukkan bahwa prosentase ketuntasan hasil belajar mencapai 61 90% dan siklus II 85 71% mengalami kenaikan 23 81%. Sedangkan nilai rata-rata hasil tes praktek setiap indikator penilaian pada siklus I yaitu a) kemampuan mewujudkan bentuk 76 19 b) membuat proporsi 80 95 c) membuat komposisi 73 21 d) membuat teknik arsir 65 48. Untuk siklus II nilai rata-rata hasil tes praktek setiap indikator penilaian pada siklus II yaitu a) kemampuan mewujudkan bentuk 76 79 b) membuat proporsi 82 14 c) membuat komposisi 82 14 d) membuat teknik arsir 73 86. Nilai rata-rata pencapaian indikator menggambar bentuk flora dari siklus I ke siklus II meningkat 3 27%. Hasil data observasi pada indikator keaktifan kesungguhan dan minat siswa siklus I dan siklus II menunjukkan ada peningkatan belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan menggambar bentuk flora melalui penggunaan metode drill dapat dilakukan dengan memaksimalkan aktifitas belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Grati Kabupaten Pasuruan. Oleh karena itu untuk peningkatan kemampuan siswa menggambar bentuk dalam proses pembelajaran salah satunya dapat menerapkan metode drill.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/13106 |
Actions (login required)
View Item |