Upaya meningkatkan hasil akhir, melalui model explicit instruction menggambar perspektif pada siswa kelas IXG di SMP Negeri 1 Purwosari, Kabupaten Pasuruan / Hari Basuki - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan hasil akhir, melalui model explicit instruction menggambar perspektif pada siswa kelas IXG di SMP Negeri 1 Purwosari, Kabupaten Pasuruan / Hari Basuki

Basuki, Hari (2016) Upaya meningkatkan hasil akhir, melalui model explicit instruction menggambar perspektif pada siswa kelas IXG di SMP Negeri 1 Purwosari, Kabupaten Pasuruan / Hari Basuki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Basuki Hari. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar melalui Model Explicit Instruction Menggambar Perspektif pada Siswa Kelas IX G di SMP Negeri I Purwosari Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Seni Rupa Jurusan Seni dan Desain. Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs.Didiek Rahmanadji M.Pd Kata kunci Hasil Belajar Perspektif Explicit Instruction Penelitian ini dilaksanakan dengan pertimbangan bahwa hasil belajar siswa kelas IX G SMPN 1 Purwosari pada materi menggambar perspektif tergolong rendah. Rendahnya hasil belajar tersebut terlihat masih kurang maksimalnya dalam menerapkan prosedur menggambar perspektif Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar menggambar perspektif melalui penerapan model pembelajaran Explicit Instruction. Manfaat hasil penelitian dapat memberikan pengalaman langsung pada guru-guru dan siswa yang terlibat dalam rangka memperoleh pengalaman baru. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas melalui 3 siklus yang mana pada setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan evaluasi observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX G yang berjumlah 36 orang dengan indikator kinerja pada penelitian ini yakni siswa dikatakan tuntas dalam belajar bila nilai hasil evaluasi 75. Melalui penerapan pembelajaran Explicit Instruction (Pengajaran Langsung) dirancang untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan prosedural (pengetahuan tentang bagaimana melaksanakan sesuatu) dan pengetahuan deklaratif (pengetahuan tentang sesuatu yang dapat berupa fakta konsep prinsip atau generalisasi) yang dapat diajarkan dengan pola selangkah demi selangkah. Berkaitan dengan hal tersebut hasil belajar siswa cenderung akan meningkat berdasarkan analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi menggambar perspektif. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar pada akhir siklus Iangkah pencapaian rata-rata sebesar 71 20 dengan daya serap 71 20 % dan ketuntasan belajar 75%. Pada akhir siklus II angka pencapaian nilai rata-rata 88 20 dengan daya serap 88 20% dan ketuntasan belajar 79 17% Sedangkan pada siklus III tingkat keberhasilan 89 5%. Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran menggambar perspektif dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX G SMP Negeri 1 Purwosari Kab. Pasuruan Tahun Pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13101

Actions (login required)

View Item View Item