Deskripsi dari visualisasi animasi Keluarga Somat episode "Nonton Wayang" / Silvia Ratnawati Zuhroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Deskripsi dari visualisasi animasi Keluarga Somat episode "Nonton Wayang" / Silvia Ratnawati Zuhroh

Zuhroh, Silvia Ratnawati (2016) Deskripsi dari visualisasi animasi Keluarga Somat episode "Nonton Wayang" / Silvia Ratnawati Zuhroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ratnawati Silvia. 2016. Analisis Animasi Keluarga Somat Episode Nonton Wayang . Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Lilik Indrawati M.Pd. Kata Kunci Animasi Wayang Video Animasi di Indonesia mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Banyak animasi dari dalam negeri yang bermunculan dan mulai diakui oleh masyarakat Indonesia. Beberapa film animasi telah ditayangkan di televisi dan mampu menyaingi animasi-animasi dari luar negeri. Salah satu animasi tersebut adalah animasi Keluarga Somat. Episode yang ditayangkan banyak menggunakan tema budaya lokal salah satunya episode dengan judul Nonton Wayang . Namun pada animasi ini peneliti menemukan bahwa visualisasi yang ditampilkan dari isi tampak kurang sesuai. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan visualisasi isi cerita setiap scene dalam episode Nonton Wayang . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Objek dari penelitian ini adalah video animasi Keluarga Somat episode Nonton Wayang . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan analisa dokumen. Analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan visualisasi isi cerita pada episode Nonton Wayang animasi Keluarga Somat. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh simpulan hasil penelitian yaitu visualisasi isi cerita lebih banyak disampaikan melalui dialog daripada melalui gambar animasi. Perwujudan dari bentuk wayang sangat sedikit sehingga memberikan dampak kurang maksimalnya penerimaan isi pesan dalam cerita kepada penonton. Dari hasil penelitian ini dapat disarankan (1) pada penelitian ini ditemukan bahwa visualisasi yang kurang mendukung isi cerita akan membuat penerimaan isi pesan tidak maksimal sehingga diharapkan jurusan Seni dan Desain dapat memberikan pembelajaran yang lebih mendalam mengenai visualisasi animasi kepada mahasiswa serta diharapkan dapat memperbanyak sumber buku mengenai visualisasi animasi sebagai sumber belajar (2) dari penelitian ini ditemukan bahwa visualisasi isi cerita lebih banyak ditampilkan melalui dialog bukan melalui gambar hal tersebut membuat penerimaan isi pesan menjadi kurang maksimal sehingga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi penelitian selanjutnya yang terkait dengan animasi seperti tentang bagaimana menerapkan visualisasi yang tepat untuk memperjelas isi pesan dalam animasi yang terkait (3) pada penelitian ini ditemukan bahwa visualisasi yang ditampilkan kurang mendukung isi cerita sehingga membuat penerimaan isi pesan kurang maksimal oleh karena itu diharapkan para animator memperhatikan visualisasi yang harus ditampilkan dalam animasi agar isi pesan dapat tersampaikan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13100

Actions (login required)

View Item View Item