Pengaruh pemanfaatan media video animasi pembelajaran tata cara shalat terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pokok bahasan tata cara shalat kelas III di SDN Penanggungan Kota Malang / Fachry Adrian - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan media video animasi pembelajaran tata cara shalat terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pokok bahasan tata cara shalat kelas III di SDN Penanggungan Kota Malang / Fachry Adrian

Adrian, Fachry (2010) Pengaruh pemanfaatan media video animasi pembelajaran tata cara shalat terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pokok bahasan tata cara shalat kelas III di SDN Penanggungan Kota Malang / Fachry Adrian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pemanfaatan media video Animasi tata cara shalat Pendidikan agama Islam Hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang belajar dengan menggunakan media video animasi dan siswa yang belajar tanpa menggunakan media video animasi pembelajaran tata cara shalat dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas III terhadap hasil belajar siswa di SDN Penanggungan Kota. Penelitian ini digolongkan ke dalam eksperimen semu (quasi experiment). Eksperimen semu digunakan karena peneliti tidak dapat melakukan manipulasi terhadap seluruh variabel yang diduga dapat berpengaruh terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pretest posttest control group design . Pada penelitian ini menggunakan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelas eksperimen diberi perlakuan yaitu pembelajaran menggunakan media video animasi tata cara shalat sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran yang konvensional. Berdasarkan perhitungan analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji t didapat mean kelas eksperimen sebesar 82 2 sedangkan mean kelas kontrol sebesar 70 5 sehingga di dapat hasil thitung ttabel yaitu 2 173 2 001 pada signifikansi 0 05 dengan df 58. Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima yang menyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media video animasi pembelajaran tata cara shalat dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media video animasi pembelajaran tata cara shalat dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas III di SDN Penanggungan Kota Malang . Selain itu adanya peningkatan nilai rata-rata pre tes dan post tes kelompok eksperimen yaitu pada pre tes sebesar 67 8 pada post tes meningkat menjadi 82 2. Sedangkan nilai rata-rata pre tes dan post tes pada kelompok kontrol yaitu pada pre tes sebesar 64 3 dan post tes meningkat menjadi 70 5. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa pembelajaran dengan memanfaatkan media video animasi tata cara shalat pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam pokok bahasan tata cara shalat kelas III terbukti dapat meningkatkan hasil belajar sebesar 14 3%. Oleh sebab itu pembelajaran dengan memanfaatkan media video animasi pembelajaran penting sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar. ii Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada guru untuk memanfaatkan media video animasi pembelajaran tata cara shalat dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai variasi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas dan sebagai alternatif pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/131

Actions (login required)

View Item View Item