Penciptaan seni lukis surealis kontemporer dengan tema pandangan kegelisahan anjing / Dara Prata Yuwana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penciptaan seni lukis surealis kontemporer dengan tema pandangan kegelisahan anjing / Dara Prata Yuwana

Yuwana, Dara Prata (2016) Penciptaan seni lukis surealis kontemporer dengan tema pandangan kegelisahan anjing / Dara Prata Yuwana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yuana Dara Prata. 2016. Penciptaan Seni Lukis Surealis Kontemporer Dengan Tema Pandangan Kegelisahan Anjing. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Triyono Widodo M.Sn. Kata Kunci penciptaan seni lukis surealis kontemporer pandangan kegelisahan anjing Anjing yang merupakan salah satu hewan peliharaan manusia sejak dulu kala. Pada dasarnya anjing adalah makhluk yang mempunyai kecerdasan lebih dibandingkan dengan hewan yang lain. Bukan hanya itu anjing juga mempunyai ingatan keinginan intelegensia dan emosi. Emosi yang dimiliki anjing berupa cinta loyalitas malu bangga takut dan cemburu. Anjing juga mempunyai naluri sehingga anjing menjadi peka terhadap perasaan. Ekspresi wajah dan gerak tubuh merupakan cara yang dilakukan anjing untuk menunjukkan perasaan yang dirasa- kannya. Salah satu ekspresi wajah yang sering ditunjukkan adalah pandangan seperti pandangan kegelisahan yang pada dasarnya merupakan wujud dari emosi yang dimiliki seekor anjing. Kecintaan penulis terhadap anjing menjadikan penu- lis ingin ikut serta dalam memahami dan merasakan apa yang anjing rasakan seba- gai hasil dari rasa bersalah dan penyesalan penulis. Pada penciptaan ini penulis mengambil ide atau gagasan mengenai pan- dangan kegelisahan anjing yang mana pandangan kegelisahan anjing muncul disaat ada ancaman kesepian dan ditingggalkan. Tema dalam penciptaan karya seni ini adalah pandangan kegelisahan anjing. Tema ini menjadi satu pedoman dari terciptanya karya seni lukis surealis kontemporer. Seni lukis surealis kontem- porer pada penciptaan ini didasari karena seni lukis surealis kontemporer merupa- kan suatu media karya seni dua dimensi yang dapat menuangkan ide gagasan dan konsep yang berupa daya cipta dari khayalan dan imajinasi. Dalam penciptaan seni lukis surealis kontemporer ini penulis mengguna- kan metode penciptaan dengan bermula dari tahap permulaan yang merupakan upaya dalam menemukan gagasan atau mencari sumber gagasan mencari inspi- rasi atau minimal mencari sumber inspirasi. Dalam tahap permulaan pencipta terlebih dahulu membuat ide dan tema karya untuk menentukan konsep pencipta- an kemudian menentukan objek yang akan diciptakan. Kemudian tahap penyem- purnaan mengembangkan gagasan awal menjadi gambaran pravisual yang nanti- nya akan dijadikan menjadi bentuk jadi. Dalam tahap penyempurnaan ini pertama pencipta menentukan rancangan dan jenis karya kemudian teknik alat dan bahan yang akan digunakan dalam penciptaan. Setelah itu tahap penyelesaian merupakan tahap memvisualisasikan karya dengan memanfaatkan medium tertentu (alat bahan teknik). Pada tahap ini pencipta memulai proses berkarya yang diawali dari sketsa proses visualisasi hasil karya deskripsi karya pameran dan apresiasi. Dalam penciptaan ini karya yang dihasilkan adalah 6 (enam) buah karya seni lukis surealis kontemporer. Karya yang telah tercipta berjudul Caplok Catur Deblong Dadu Rumah Hantu dan Mata-Mata .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13095

Actions (login required)

View Item View Item