Penciptaan karya seni lukis naturalisme pantai Lenggoksono Kabupaten Malang / Rizki Gunawan Setiabudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penciptaan karya seni lukis naturalisme pantai Lenggoksono Kabupaten Malang / Rizki Gunawan Setiabudi

Setiabudi, Rizki Gunawan (2016) Penciptaan karya seni lukis naturalisme pantai Lenggoksono Kabupaten Malang / Rizki Gunawan Setiabudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setiabudi Rizki Gunawan. 2016. Penciptaan Karya Seni Lukis Naturalisme Pantai Lenggoksono Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Triyono Widodo M.Sn Kata Kunci Karya Seni Lukis Pantai Lenggoksono. Pantai Lenggoksono adalah sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di tepi Samudera Indonesia dan masuk wilayah Dusun Lenggoksono Desa Purwodadi Tirtoyudo Kabupaten Malang Jawa Timur. Namun pantai ini masih belum banyak dikenal oleh masyarakat pantai ini tidak begitu populer dibandingkan dengan pantai Sendang Biru ataupun Balaikambang oleh karena itu penulis ingin mengungkapkan keindahan pantai Lenggoksono dan keindahan disekitarnya seperti suasana pantai laut pepohonan dan bukit-bukit. Pemilihan objek pantai dikarenakan pantai merupakan sebuah objek alam penuh gejolak. Penulisan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses dan teknik pembuatan karya lukis naturalisme Pantai Lenggoksono serta visualisasi karya lukis naturalisme Pantai Lenggoksono. Penciptaan karya seni lukis ini menggunakan aliran naturalisme dengan tema pantai ide Pantai Lenggoksono dan objek panorama Pantai Lenggoksono. Karya penciptaan ini memiliki karakteristik menggambarkan suasana laut dan pasir pantai. Teknik melukis yang digunakan dalam penciptaan ini adalah teknik plakat. Goresan kuas yang dilakukan adalah goresan ekspresif untuk menampilkan gejolak pantai dan panorama Pantai Lenggoksono. Proses berkarya seni lukis naturalisme ini bermula dari persiapan dan perancangan konsep yang didalamnya terdapat ide atau gagasan tema dan objek yang akan diciptakan yaitu objek naturalisme. Setelah itu menentukan karakteristik karya menentukan teknik serta alat dan bahan yang akan digunakan. Setelah itu langkah selanjutnya adalah proses visualisasi yaitu membuat sketsa di atas kertas A4 lalu memindahkannya di atas media kanvas. Kemudian proses pewarnaan dan pendetailan hingga yang terakhir pada penyelesaian karya. Penciptaan diawali dengan pembuatan sketsa menggunakan kertas A4 dengan menggunakan pensil 2B kemudian sketsa pada kertas A4 dipindahkan pada kanvas menggunakan pensil 2B. Setelah sketsa dipindahkan ke kanvas dilakukan pewarnaan tiap bagian dalam lukisan. Pada akhirnya penciptaan karya seni lukis Pantai Lenggoksono ini berjumlah 6 lukisan dengan judul Pesona Lenggoksono 1 Pesona Lenggoksono 2 Pesona Lenggoksono 3 Pesona Lenggoksono 4 Lenggoksono 5 dan Lenggoksono 6. Melalui karya seni lukis naturalisme ini pencipta ingin memberikan pengetahuan bagi masyarakat untuk lebih mengetahui dan mengenal keindahan Pantai Lenggoksono Kabupaten Malang dan diharapkan dapat meningkatkan daya tarik untuk mengunjungi Pantai Lenggoksono.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13094

Actions (login required)

View Item View Item