Meningkatkan hasil karya siswa dengan teknik kolase dalam pembelajaran seni lukis di kelas IX E SMP Negeri 12 Malang / Aditya Riztiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil karya siswa dengan teknik kolase dalam pembelajaran seni lukis di kelas IX E SMP Negeri 12 Malang / Aditya Riztiawan

Riztiawan, Aditya (2016) Meningkatkan hasil karya siswa dengan teknik kolase dalam pembelajaran seni lukis di kelas IX E SMP Negeri 12 Malang / Aditya Riztiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Riztiawan Aditya. 2016. Meningkatkan Hasil Karya Siswa dengan Teknik Kolase dalam Pembelajaran Seni Lukis di Kelas IX E SMP Negeri 12 Malang. Skripsi. Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Tjitjik Sriwardhani M.Pd Kata Kunci hasil karya teknik kolase seni lukis smp. Pembelajaran seni budaya yang didalamnya memuat materi seni rupa berfungsi untuk mengembangkan kemampuan apresiatif kreatifitas dan sensitivitas siswa. Untuk mengembangkan kemampuan tersebut dalam pembelajaran seni budaya pada materi seni rupa siswa mendapatkan pembelajaran berkarya seni lukis. Tetapi dalam berkarya seni lukis siswa mengalami kesulitan karena belum menguasai teknik berkarya seni lukis. Pembelajaran seni lukis melalui penerapan teknik kolase diharapkan dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan siswa dalam teknik dan proses berkarya seni lukis. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan penerapan teknik kolase yang dapat meningkatkan hasil karya siswa kelas IX E SMP Negeri 12 Malang dalam berkarya seni lukis melalui teknik kolase. Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas atau PTK yang dilakukan dalam tahapan siklus tindakan pembelajaran. Tiap tahapan siklus dimulai dengan perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi wawancara dan dokumentasi. Data hasil belajar diperoleh dari nilai tes praktik berkarya lembar observasi wawancara dan dokumentasi yang diperoleh dari awal hingga akhir penelitian. Berdasarkan data pada siklus I dan siklus Idiperoleh kesimpulan bahwa hasil karya siswa mengalami peningkatan melalui penerapan teknik kolase dalam berkarya seni lukis. Dapat dilihat pada prosentase rata-rata hasil karya pada siklus I adalah 71% untuk perancangan 67% untuk kreatifitas dan 76% pada hasil produksi berkarya pada siklus II meningkat menjadi 81% pada perancangan 81% pada kreatifitas dan 84% pada produksi berkarya. Selain itu nilai yang berkategori cukup dan kurang pada siklus I tidak lagi ditemukan pada siklus II. Ketuntasan siswa berdasarkan KKM dinilai sudah tuntas. Dari hasil penelitian ini dapat disarankan agar lebih termotivasi untuk meningkatkan hasil belajar dan lebih meningkatkan minat dan motivasi dalam mengikuti pembelajaran seni budaya khususnya seni rupa pada materi berkarya seni lukis dan penelitian sejenis dapat dijadikan sebagai bahan referensi dan pertimbangan dalam melakukan penelitian khususnya pada materi bahan ajar berkarya seni lukis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13092

Actions (login required)

View Item View Item