Pengembangan bahan ajar multimedia berbasis pembelajaran entrepreneurial tentang gambar bentuk alam benda untuk siswa SMP / Mohamad Zamzami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar multimedia berbasis pembelajaran entrepreneurial tentang gambar bentuk alam benda untuk siswa SMP / Mohamad Zamzami

Zamzami, Mohamad (2016) Pengembangan bahan ajar multimedia berbasis pembelajaran entrepreneurial tentang gambar bentuk alam benda untuk siswa SMP / Mohamad Zamzami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zamzami Mohamad. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Berbasis PembelajaranEntrepreneurialtentang Gambar Bentuk Alam Benda untuk Siswa SMP. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Moeljadi Pranata M.Pd. Kata Kunci Pengembangan bahan ajar pembelajaranentrepreneurial gambar bentuk alam benda. Proses pembelajaran yang ditemukan pengembang di lapangan tidak secara aktif mendorong siswa untuk berpikir secara kreatif inovatif dan produktif. Pembelajaran entrepreneurialdiharapkan menjadi solusi. Strategi ini diharapkan agar anak-anak kita memiliki pola pikir untuk berkreasi dan berinovasi sehingga di masa depan akan lahir generasi yang kreatif inovatif dan produktif yang siap menghadapi era kreatif yang telah ditetapkan oleh sebagian besar negara maju di masa yang akan datang. Dengan menggunakan pembelajaran entrepreneurialpada mata pelajaran Seni Budaya yang menekankan keterampilan diharapkan mampu meningkatkan kompetensi siswa dan menjadikan siswa lebih kreatif inovatif dan mempunyai nilai tambah dalam berkaryanya. Model penelitian yang digunakan adalah model FiveD yang direkomendasikan oleh Moeljadi Pranata (2012).Model Five Dterdiri dari atas lima tahapan yaitu (1) define (2) data (3) design (4) develop dan (5) disseminate. Produk final diuji kelayakannya oleh 2 orang ahli media 2 orang ahli materi dan 20 orang subjek uji coba kelompok kecil yakni siswa kelas VII SMP. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen yang berupa kuisioner dengan jenis angket terbuka yang hasilnya dianalisis dengan menggunakan teknik persentase yang kemudian akan dikonversikan dengan tabel kriteri kelayakan. Pada hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan mendapatkan rerata 90.2 % dari hasil uji validasi ahli media hasil uji validasi ahli materi rerata 93.75% dan hasil uji coba lapangan dengan persentase 89 25 %.Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Berbasis Pembelajaran entrepreneurialtentang Gambar Bentuk Alam Benda untuk Siswa SMP dengan spesifikasi sebagai berikut (a) menggunakan SoftwarePowerPoint 2013 (b) isi produk pengantar pendahuluan pendekatan pembelajaran petunjuk assesment kunci jawaban glosarium daftar rujukan profil (c) teknik computerized (d) pemaparan secara runtut sistematis (e) pewarnaan full color (f) menggunakan bahasa Indonesia dan (g) dikemas dalam bentuk CD (digital). Bahan ajar dikatakan layak diggunakan karena dari hasil validasi dan uji coba lapangan memperoleh rentang presentase 80 % - 100 % yang dapat dikatakan sangat valid. Berdasarkan hasil pengembangan disarankan agar dapat dilakukan dengan uji coba secara berulang-ulang pada subjek yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13089

Actions (login required)

View Item View Item