Peningkatan aktivitas dan pemahaman siswa pada materi apresiasi seni rupa murni Nusantara melalui model pembelajaran examples non examples siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Lawang tahun pelajaran 2015-2016 / Widi Andarwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan aktivitas dan pemahaman siswa pada materi apresiasi seni rupa murni Nusantara melalui model pembelajaran examples non examples siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Lawang tahun pelajaran 2015-2016 / Widi Andarwati

Andarwati, Widi (2016) Peningkatan aktivitas dan pemahaman siswa pada materi apresiasi seni rupa murni Nusantara melalui model pembelajaran examples non examples siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Lawang tahun pelajaran 2015-2016 / Widi Andarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andarwati Widi 2015 Peningkatan aktivitas dan pemahaman Siswa Pada Materi Apresiasi Seni Rupa Murni Nusantara Melalui Model Pembelajaran Examples Non Examples Siswa Kelas IX A SMP Negeri 1 Lawang. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Rupa Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Pembimbing Dra.Hj. Purwatiningsih M.Pd. Kata Kunci hasil belajar apresiasi seni rupa murni examples non examples SMPN 1 Lawang Kemampuan siswa kelas IXA SMP Negeri 1 Lawang pada materi mengapresiasi karya seni rupa murni masih tergolong rendah kondisi ini terlihat dari hasil pembelajaran mengapresiasi karya seni rupa murni Nusantara kurang maksimal siswa belum memahami penjelasaan guru tentang materi apresiasi guru memberikan materi dengan model ceramah siswa kurang berminat karena materi apresiasi kurang menyenangkan dan cenderung membosankan guru tidak memberikan contoh contoh gambar yang bervariasi sehingga suasana kelas menjadi riuh dan siswa tidak mempunyai tanggung jawab terhadap pembelajaran akibatnya hasil ulangan harian tidak sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal Oleh karena itu berdasarkan hasil diskusi dengan guru pengajar di kelas IXA terhadap kondisi tersebut pemberian pengetahuan materi apresiasi menggunakan pendekatan kooperatif examples non examples diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Lawang Kab Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi penelitian ini di laksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian ini adalah melalui model pembelajaran kooperatif examples non examples proses pembelajaran dapat di simpulkan 1) peningkatan aktivitas siswa terhadap pembelajaran mengapresiasi karya seni rupa murni Nusantara siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Lawang diketahui rata-rata siswa yang aktif dalam pembelajaran siklus II adalah a) perhatian siswa dalam KBM sebanyak 14 siswa (43 8%) berkategori sangat baik 18 siswa (56 2%) berkategori baik b) keaktifan bertanya sebanyak 11 siswa (34 4%) berkategori sangat baik 21 siswa (65 6%) berkategori baik c) keaktifan menjawab pertanyaan sebanyak 9 siswa (28 1%) berkategori sangat baik 23 siswa (71 9%) berkategori baik d) motivasi belajar siswa sebanyak 6 siswa (18 8%) berkategori sangat baik 26 siswa (81 2%) berkategori baik e) keaktifan mengerjakan tugas sebanyak 10 siswa (31 3%) berkategori sangat baik 22 siswa (68 7%) berkategori baik e) kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas sebanyak 8 siswa (25%) berkategori sangat baik 24 siswa (75%) berkategori baik. Prosentase rata-rata keaktivan siswa yang mencakup perhatian siswa dalam KBM keaktifan bertanya keaktivan menjawab pertanyaan motivasi belajar keaktifan mengerjakan tugas dan kemandirian 30 2% berkategori sangat baik dan 69 8% berkategori baik. (2) meningkatkan pemahaman mengapresiasi karya seni rupa murni Nusantara melalui model pembelajaran Examples non examples siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Lawang sebesar 81 99 % dari siklus I ke siklus II. Dan kenaikan jumlah siswa belajar tuntas sebesar 28 siswa atau 87 5%. Temuan dalam penelitian ini adalah bahwa melalui pendekatan kooperatif model examples non examples dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman mengapresiasi karya seni rupa murni Nusantara. Sebagai implikasinya sebaiknya perlu dilakukan upaya peningkatan belajar seni rupa murni Nusantara melalui pendekatan kooperatif dengan model examples non examples.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13079

Actions (login required)

View Item View Item