Studi penataan estetik hasil fotografi Warteg Gourmet yang ditayangkan di instagram / Alvi Fitriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi penataan estetik hasil fotografi Warteg Gourmet yang ditayangkan di instagram / Alvi Fitriani

Fitriani, Alvi (2016) Studi penataan estetik hasil fotografi Warteg Gourmet yang ditayangkan di instagram / Alvi Fitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitriani Alvi. 2016. Studi Penataan Estetik Hasil Fotografi Warteg Gourmet yang Ditayangkan di Instagram. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Pembimbing Drs. Triyono Widodo M.Sn. Kata kunci penataan estetik fotografi fotografi makanan Warteg Gourmet prinsip dasar tata rupa dan desain. Akun Instagram warteggourmet merupakan akun terkenal karena hasil fotografi makanan yang unik yaitu makanan warteg atau makanan warung yang disajikan ala gourmet. Penelitian ini mengarah pada penataan estetik hasil karya fotografi Warteg Gourmet. Penataan estetik adalah penataan yang melibatkan prinsip dasar tata rupa untuk diperoleh nilai estetikanya.Foto yang diteliti berjumlah lima merupakan representasi dari Warteg Gourmet yaitukarya fotografi makanan dengan bahan dari makanan yang biasa ditemukan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana penataan estetik pada hasil fotografi Warteg Gourmet yang ditayangkan di Instagram. Setiap karya yang dipilih diteliti menggunakan 7 prinsip dasar tata rupa dan desain antara lain 1) irama 2) kesatuan 3) dominasi 4) keseimbangan 5) proporsi 6) kesederhanaan dan 7) kejelasan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Melalui metode deskriptif agar mendapatkan suatu hasil paparan tentang bagaimana penataan estetik yang ada pada karya fotografi Warteg Gourmet. Hasil penelitian menunjukan bahwa88 6 % karya fotografi Warteg Gourmet telah memiliki penataan estetik. Adapun kesimpulan hasil penelitian ini sesuai dengan penggunaan 7 prinsip dasar tata rupa dan desain adalah 1) Foto ke-1 sampai ke-5 telah memilki irama 2) pada prinsip kesatuan semua foto menggunakan kesatuan dengan pendekatan berupa kerapatan keterikatan kemiripan keselarasan dan kesamaan 3) dominasi yang digunakan pada kelima foto Warteg Gourmet adalah dominasi jenis kelainan kontras berselisih (discord) dan dominasi keunggulan 4) pada prinsip keseimbangan keseluruhan foto memiliki keseimbangan kecuali pada foto ke-5 5) ditemukan prinsip proporsi jenis ideal dan penyangatan pada kelima foto 6) prinsip kesederhanaan telah tercapai kecuali pada foto ke-1 dan 7) prinsip kejelasan terdapat pada semua foto kecuali foto ke-4 dan ke-5.Dari hasil penelitian disarankan untuk pencipta Warteg Gourmet lebih memperhatikan pada prinsip kejelasan keseimbangan dan kesederhanaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13074

Actions (login required)

View Item View Item