Analisis hasil karya Montage pada pembelajaran seni rupa KD mengekspresikan diri melalui karya seni lukis/gambar kelas VIII SMP Negeri 1 Tajinan / Jumiati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis hasil karya Montage pada pembelajaran seni rupa KD mengekspresikan diri melalui karya seni lukis/gambar kelas VIII SMP Negeri 1 Tajinan / Jumiati

Jumiati (2016) Analisis hasil karya Montage pada pembelajaran seni rupa KD mengekspresikan diri melalui karya seni lukis/gambar kelas VIII SMP Negeri 1 Tajinan / Jumiati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK JUMIATI. 2015. Analisis Hasil Karya Montage pada Pembelajaran Seni Rupa KD Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni Lukis/Gambar Kelas VIII SMP Negeri 1 Tajinan. SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Ida Siti Herawati M.Pd. Kata kunci karya montage pembelajaran seni budaya SMP Negeri 1 Tajinan Pada pembelajaran Seni Budaya (Seni Rupa) kelas VIII SMP Negeri 1 Tajinan KD mengekspresikan diri melalui karya seni lukis/gambar mengembangkan kreativitas dengan berkarya montage. Peserta didik menuangkan kreasi idenya menggunakan teknik menempelkan gambar yang ada pada koran majalah kalender atau lainnya yaitu menggunting gambar fauna atau gambar lain kemudian menempelkan pada bidang kertas menjadi tema baru. Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan tema unsur-unsur dan prinsip-prinsip yang terdapat pada hasil karya peserta didik berupa karya seni montage pada pembelajaran seni rupa KD mengekspresikan diri melalui karya seni lukis/gambar kelas VIII SMP Negeri 1 Tajinan. Adapun unsur-unsur yang diteliti meliputi unsur bidang warna dan tekstur sedangkan prinsip-prinsipnya antara lain komposisinya keseimbangan dan pusat perhatian (center of interest). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan proses pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Tahap penelitian yang dilakukan adalah persiapan penyusunan rancangan penelitian pelaksanaan menganalisis data dan penyelesaian menyusun laporan. Data yang dianalisis adalah karya montage sebanyak tujuh gambar yang merupakan karya kerja kelompok kelas VIII-B sebagai subyeknya. Hasil penelitian adalah (1) ada kecenderungan persamaan dalam tema karya montage yaitu lingkungan kehidupan peserta didik sehari-hari bukan imajinasinya. Adapun temanya adalah lingkungan tamasya danau pada sore hari dua coban lingkungan pegunungan lingkungan tempat tinggal dan lingkungan bencana alam (2) unsur-unsur pada karya montage unsur bidang ada kecenderungan pengaturan posisi bidang gambar yaitu horizontal seperti saat menggambar menggunakan buku gambar unsur warna penggunaan warna bervariasi sesuai yang didapatkan pada warna potongan gambar ada kecenderungan dalam penggunaan warna yaitu hitam biru dan kelabu tekstur karya semuanya sama yaitu semu (3) sedangkan penerapan prinsip-prinsip dalam karya montage yaitu komposisinya berupa teknik menyusun potongan gambar hampir sama banyaknya antara yang rapi menyatu dengan yang tidak rapi tidak menyatu keseimbangan ada kecenderungan keseimbangan asimetris dan pusat perhatian (center of interest)-nya terletak menyebar pada bagian atas kiri dan tengah dari karya. Berdasarkan hasil penelitian disarankan untuk pengembangan berkreativitas dalam menggambar/melukis dapat dilakukan dengan menggunakan teknik berkarya montage dengan bahan yang murah dan mudah didapat. Dalam hal ini dapat dilakukan untuk berkarya di sekolah maupun di rumah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13073

Actions (login required)

View Item View Item