Hasil karya batik menggunakan teknik batik jumput pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gedangan Kabupaten Malang / Miatun - Repositori Universitas Negeri Malang

Hasil karya batik menggunakan teknik batik jumput pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gedangan Kabupaten Malang / Miatun

Miatun (2016) Hasil karya batik menggunakan teknik batik jumput pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gedangan Kabupaten Malang / Miatun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Miatun 2016. Analisis Hasil Karya Batik Menggunakan Teknik Batik Jumput Pada Siswa kelas VIII SMPN I Gedangan Kabupaten Malang Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra.Ida Siti Herawati M.Pd Kata Kunci Analisis Batik jumput SMPN I Gedangan Batik jumput adalah batik yang dikerjaan dengan cara diikat dengan tali dan dicelup dengan pewarna.Tali fungsinya sama dengan malam yaitu untuk menutup bagian kain agar tidak terkena warna. Siswa SMPN 1 Gedangan salah satu sekolah di wilayah selatan Kabupaten Malang telah mempraktikkan batik jumput dengan hasil memuaskan kegiatan ini menjadi media bagi siswa untuk berekspresi berkreasi sekaligus menjadi upaya untuk mengasah ketrampilan dibidang tekstil. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian diskriptif kualitatif yang pengambilan sampelnya berdasarkan purporsive sample. Analisis berupa paparan dan pengelompokan data mengenai hasil karya batik yang diperoleh dari observasi langsung terhadap hasil karya siswa. Berdasarkan hasil observasi terhadap hasil karya batik jumput dari 30 hasil karya siswa terdapat 15 karya siswa membuat motif dengan menggunakan cara mengikat benda 2 karya siswa menggunakan ikatan mawar ganda 2 karya siswa menggunakan ikatan mawar ganda dan garis 1 karya siswa menggunakan ikatan mawar dan10 karya siswa menggunakan cara mengikat benda dipadu dengan ikatan mawar ganda. Pewarnaan yang terdapat pada hasil karya batik menggunakan pewarna kimiawi berupa wenter dari 30 karya siswa terdapat 4 karya siswa menggunakan warna merah dipadu dengan warna ungu 2 karya siswa menggunakan warn coklat tua 3 karya siswa menggunakan warna hijau 1 karya siswa menggunakan warna biru 3 karya siswa menggunakan warna jingga 3 karya siswa nenggunakan warna ungu 3 karya siswa menggunakan warna kuning hijau biru 6 karya siswa mengguanakan warna merah biru ungu dan 2 karya siswa menggunakan warna merah kuning dan biru. Keseimbangan pada hasil karya batik menggunakan batik jumput juga sudah berhasil dipraktekkan dengan baik. Dari 30 hasilkarya siswa terdapat 18 karya siswa mengguakan keseimbangan simetris 8 karya siswa menggunakan keseimbangan asimetris 3 karya siswa menggunakan keseimbangan sentral dan 1 karya siswa menggunakan keseimbangan diagonal. Terkait dengan hal tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa siswa SMPN I Gedangan dalam berkarya seni batik dengan teknik batik jumput menggunakan beberapa teknik ikat seperti teknik ikat mawar mawar ganda garis garis ganda dan mengikat benda. Dalam mewarnai kain batik menggunakan pewarna kimiawi berupa wenter. Warna yang dipergunakan terdiri dari warna merah kuning biru hijau jingga ungu dan coklat. Keseimbangan ikatan batik yang diciptakan terdiri dari keseimbangan simetris asimetris sentral dan diagonal motif yang dihasilkan Bulat/lingkaran sempurna lingkaran konsentris dan motif garis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13072

Actions (login required)

View Item View Item