Estetika graffiti sebagai inspirasi penciptaan karya seni lukis dengan gaya pribadi / Sandy Yulio - Repositori Universitas Negeri Malang

Estetika graffiti sebagai inspirasi penciptaan karya seni lukis dengan gaya pribadi / Sandy Yulio

Yulio, Sandy (2016) Estetika graffiti sebagai inspirasi penciptaan karya seni lukis dengan gaya pribadi / Sandy Yulio. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yulio Sandy. 2015. Estetika Graffiti sebagai Inspirasi Penciptaan Karya Seni Lukis dengan Gaya Pribadi. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Triyono Widodo M. Sn. Kata Kunci Estetika graffiti penciptaan seni lukis seni lukis gaya pribadi Graffitimerupakancoretan semprotan atau lukisan berbentuk pengembangan huruf-huruf yang sering kita jumpai di jalanan. Merepresentasikan nama personal nama kelompok protes terhadap pemerintah dll. Satu unsur elemen dari budaya hip-hop ini mulai populer di Kota Malang sejak tahun 2005. Sampai saat ini hampir di setiap sisi dan sudut jalanan banyak sekali kita jumpai berbagai bentuk graffiti ada yangbenar-benar memiliki tema konsep dan visualisasi yang indah ada juga yang terkesan asal-asalan hanya menulis nama dan terkesan kotor. Hal ini banyak menimbulkan pro-kontra masyarakat terhadap graffiti baikdari seniman pengamat seni oknum pemerintah bahkan masyarakat awam. Penciptaan ini mengambil ide atau gagasan berkarya dari sisi keindahan graffiti yangmerupakan hobi yang di tekuni pencipta sejak tahun 2008. Bermula dari kegelisahan penulis tentang maraknya coretan dinding yang meresahkan masyarakat dan merusak keindahan kota Malang juga menambah pandangan negatif masyarakat terhadap graffiti. Walaupun menulis nama atau tagging merupakan salah satu bagian dari graffiti namun di dalam graffiti juga ada handstyle cans control dan attitude untukmembentuk komposisi mendukung ciri khas dan keindahan dari graffiti yang mulai dilupakan oleh pelaku vandalisme narsis. Ide atau gagasan tersebut di wujudkan dalam seni lukis dengan alat dan bahan yang di gunakan untuk graffiti asli dengan media kanvas sebagai representasi dari keindahan graffiti. Proses dalam penciptaan karya seni lukis ini bermula dari perancangan konsep yang didalamnya terdapat ide atau gagasan.Setelah itu menentukan karakteristik karya kemudian menentukan teknik serta alat dan bahan yang akan digunakan. Jika semuanya sudah terpenuhi untuk langkah selanjutnya adalah proses visualisasi yaitu membuat sketsa diatas kertas lalu memindahkannya di atas kanvas. Kemudian proses pewarnaan dengan menggunakan teknik semprot. Setelah itu proses detail karya untukpenegasan cahayagelapterang danbentuk. Penulis menampilkan 7 karya seni lukis yang menampilkan keindahan graffiti gaya pribadinya dengan tarikan garis-garis berwarna terang di bagian akhir. Salah satu karya akan di realisasikan di dinding jalanan Kota Malang dengan dokumentasi video sebagai bukti proses pengerjaan. Berdasarkan hasil penciptaan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman baru baik terhadap penulis maupun orang lain mengenai graffiti. Serta memberikan suatu pandangan baik terhadap masyarakat maupun para pelakunya bahwa graffiti dengan visualisasi yang baik dapat memperindah bukan merusak keindahan Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13069

Actions (login required)

View Item View Item