Penerapan metode cetak dalam teknik gores untuk meningkatkan hasil karya seni grafis pada pembelajaran seni budaya kelas VIII C di SMP Negeri 2 Kepanjen / Mochamad Nurhadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode cetak dalam teknik gores untuk meningkatkan hasil karya seni grafis pada pembelajaran seni budaya kelas VIII C di SMP Negeri 2 Kepanjen / Mochamad Nurhadi

Nurhadi, Mochamad (2016) Penerapan metode cetak dalam teknik gores untuk meningkatkan hasil karya seni grafis pada pembelajaran seni budaya kelas VIII C di SMP Negeri 2 Kepanjen / Mochamad Nurhadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurhadi Mochamad. 2015. Penerapan Metode Cetak Dalam Teknik Gores untuk Meningkatkan Hasil Karya Seni Grafis pada Pembelajaran Seni Budaya Kelas VIII C di SMP Negeri 2 Kepanjen. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sumarwahyudi M.Sn Kata Kunci Penerapan Metode Cetak Dalam Teknik Gores Seni Grafis SMP. Pembelajaran Seni Budaya yang di dalamnya memuat materi Seni Rupa berfungsi untuk mengembangkan kemampuan apresiatif dan kreatifitas siswa. Untuk mengembangkan kemampuan tersebut dalam pembelajaran Seni Budaya pada materi Seni Rupa siswa mendapatkan pembelajaran berkarya seni grafis. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan aktivitas dan hasil karya siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Kepanjen dalam berkarya Seni Grafis melalui Metode Cetak Dalam Teknik Gores . Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas atau PTK yang dilakukan dalam tahapan siklus tindakan pembelajaran. Tiap tahap siklus dimulai dengan perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Data hasil belajar diperoleh dari nilai tes praktek lembar observasi dan dokumentasi yang diperoleh dari awal hingga akhir penelitian. Berdasarkan analisis data siklus I dan siklus II diperoleh kesimpulan bahwa aktivitas dan hasil karya siswa mengalami peningkatan melalui penerapan metode cetak dalam teknik gores dalam berkarya seni grafis. Prosentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I yang berkategori sangat baik menjadi 42 8% pada siklus II berkategori baik 57 2%. Sedangkan yang berkategori cukup 44 2% dan berkategori kurang 0% pada siklus II. Sedangkan pada hasil karya nilai rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 80 1 pada perancangan 82 4 pada pembuatan acuan dan 82 3 pada reproduksi karya. Selain itu nilai yang berkategori cukup dan kurang pada siklus I tidak lagi ditemukan pada siklus II. Ketuntasan siswa berdasarkan KKM 100% tuntas. Dari hasil penelitian ini dapat disarankan agar (1) Guru lebih termotivasi untuk menggunakan berbagai macam metode untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (2) Kepada siswa disarankan untuk lebih meningkatkan minat dan motivasi dalam mengikuti pembelajaran Seni Budaya khususnya Seni Rupa pada materi berkarya seni grafis dan (3) Untuk mahasiswa lain yang melakukan penelitian sejenis dapat dijadikan sebagai bahan referensi dan pertimbangan dalam melakukan penelitian khususnya pada materi ajar berkarya seni grafis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13066

Actions (login required)

View Item View Item