Peningkatan hasil belajar menggambar bentuk melalui model pembelajaran learning cycle pada kelas VIIC SMPN 1 Beji, Pasuruan / M. Samsul Huda - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar menggambar bentuk melalui model pembelajaran learning cycle pada kelas VIIC SMPN 1 Beji, Pasuruan / M. Samsul Huda

Huda, M. Samsul (2016) Peningkatan hasil belajar menggambar bentuk melalui model pembelajaran learning cycle pada kelas VIIC SMPN 1 Beji, Pasuruan / M. Samsul Huda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Huda M. Samsul. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Menggambar Bentuk Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle Pada Kelas VIIC SMP Negeri 1 Beji Pasuruan. Skripsi Jurusan Pendidikan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Tjitjik Sriwardhani M.Pd. Kata kunci hasil belajar menggambar bentuk learning cycle SMP Pasuruan. Hasil belajar menggambar bentuk merupakan hal yang berkaitan dengan kemampuan siswa. Salah satu kompetensi dasar pada mata pelajaran Seni Budaya di dalam kurikulum KTSP yang harus dikuasai oleh setiap siswa kelas VII SMP ialah menggambar bentuk dengan objek benda terapan tiga dimensi dari daerah setempat. Berdasarkan hasil penilaian pada kompetensi dasar tersebut diperoleh nilai siswa rata-rata dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sehingga perlu adanya tindakan untuk mengatasinya agar hasil belajar siswa meningkat. Untuk itu diterapkan model pembelajaran learning cycle yang terdiri dari 6 fase. Fase identification diarahkan untuk memahami tujuan belajar menggambar bentuk. Fase engagement diarahkan untuk menggali pengetahuan dan rasa ingin tahu siswa. Fase eksplorasi diarahkan pada kerja kelompok untuk menguji prediksi terhadap unsur-unsur seni rupa. Fase explanation menerapkan unsur seni rupa. Fase elaborasi menerapkan ketrampilan berkarya seni dan fase evaluation menilai hasil karya seni. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar yang berupa produk gambar bentuk khususnya pada siswa kelas VIIC dan umumnya pada semua siswa SMPN 1 Beji Pasuruan. Penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus tiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Beji. Data penelitian dengan model pembelajaran learning cycle ini diperoleh melalui teknik observasi angket dokumentasi dan penilaian hasil karya. Analisis data kualitatif dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data paparan data dan penyimpulan hasil analisis. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggambar bentuk dengan menerapkan model pembelajaran learning cycle berjalan sesuai rancangan dan terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar dari 57 5% pada siklus pertama dan menjadi 100% pada siklus kedua. Penerapan model learning cycle dapat meningkatkan hasil belajar menggambar bentuk pada siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Beji. Hal ini didukung dengan data rata-rata nilai kelas pada siklus pertama ialah 74 1 dan meningkat pada siklus kedua dengan rata-rata 81 6. Adapun saran yang dapat diberikan adalah dalam melaksanakan proses pembelajaran hendaknya guru menerapkan ketrampilan pembelajaran penguasaan bahan ajar juga kreatif dalam merancang langkah-langkah pembelajaran dikelas. Disamping itu pembelajara melalui penerapan model learning cycle perlu terus dikembangkan dan diterapkan dalam model pembelajaran seni rupa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13064

Actions (login required)

View Item View Item