Penerapan pembelajaran problem posing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi lingkaran / Galih Agung Santoso - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran problem posing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi lingkaran / Galih Agung Santoso

Santoso, Galih Agung (2018) Penerapan pembelajaran problem posing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi lingkaran / Galih Agung Santoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Santoso Galih Agung. 2018. Penerapan Pembelajaran Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Lingkaran. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd. M.A. Kata Kunci problem posing berpikir kreatif. Berdasarkan hasil pengamatan pembelajaran pada semester gasal 2017/2018 dan wawancara dengan seorang guru matematika di SMPN 6 Malang diperoleh fakta bahwa kemampuan berpikir kreatif kebanyakan siswa kurang. Siswa umumnya jarang mengajukan pertanyaan dan hanya beberapa siswa yang bersedia mengemukakan pendapat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut pada penelitian ini digunakan pembelajaran yang menerapkan problem posing yang diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran problem posing yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan tahapan 1) Persiapan 2) Berkelompok 3) Presentasi dan 4) Pengajuan soal. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-1 SMPN 6 Malang pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah 33 siswa kelas VIII-1 SMPN 6 Malang tahun ajaran 2017/2018. Instrumen penelitian ini yaitu 1) lembar validasi 2) lembar observasi 3) lembar catatan lapangan dan 4) lembar tes. Kriteria keberhasilan tindakan dalam penelitian ini yaitu 1) Persentase siswa yang mendapat kriteria penilaian minimal kreatif pada tes akhir siklus minimal 80% dari jumlah siswa 2) Hasil kriteria keterlaksanaan aktivitas guru dan aktivitas siswa minimal 80%. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa keterlaksanaan observasi aktivitas guru sebesar 88% keterlaksanaan observasi aktivitas siswa sebesar 83% dan hasil tes akhir siklus I menunjukkan persentase ketuntasan sebanyak 48 4% sehingga tidak memenuhi kriteria keberhasilan tindakan. Oleh karena itu peneliti melanjutkan penelitian pada siklus II yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan pada pembelajaran siklus I. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa keterlaksanaan observasi aktivitas guru sebesar 91% keterlaksanaan observasi aktivitas siswa sebesar 87 % dan hasil tes akhir siklus II menunjukkan persentase ketuntasan sebanyak 84 8%. Karena hasil siklus II sudah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan penelitian ini berhenti sampai siklus II. Dewan Penguji Ketua Anggota Anggota Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc Drs. Dwiyana M.Pd. Ph.D Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd. M.A NIP. 19500507 197403 1 002 NIP. 19540306 198203 1 005 N IP. 19610407 198701 2 001

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/130627

Actions (login required)

View Item View Item