Wahyono, Budi (2016) Penerapan materi perpektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil gambar ilustrasi pemandangan alam pada pembelajaran seni budaya kelas VIII D SMP Negeri 1 Turen / Budi Wahyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wahyono Budi. 2015. PenerapanMateriPerspektifuntukMeningkatkanAktivitasdanHasilGambarIlustrasiPemandanganAlampadaPembelajaranSeniBudayaKelas VIII D SMP Negeri 1 Turen.Skripsi JurusanSenidanDesain FakultasSastra UniversitasNegeri Malang.PembimbingDra. Ida SitiHerawati M.Pd. Kata Kunci Perspektif GambarIlustrasi PembelajaranSeniBudaya SMP 1 Turen Hasilobservasiawal rata-rata siswakelas VIII D SMP Negeri 1 Turenmengalamikesulitandalammenggambarilustrasipemandanganalam yang hasilnyasebagianbesarmasihmenunjukkangambar yang kekanak-kanakan.Hal inidisebabkankurangmengertidankurangmenguasaimateriperspektif.Pembelajaranmenggambarmelaluipenerapanmateriperspektifdiharapkandapatmeningkatkandanmengembangkankemampuansiswadalammenggambarilustrasipemandanganalam.Apakahmelaluipemberianmateriperspektifdapatmeningkatkanhasilkaryasiswakelas VIII D SMP Negeri 1 Turendalamberkaryasenilukis/gambar. RancanganpenelitianinimenggunakanPenelitianTindakanKelasatau PTK yang dilakukandalamduatahapansiklustindakanpembelajaran.Tiaptahapsiklusdimulaidenganperencanaan tindakan observasi danrefleksi yang diperolehdariawalhinggaakhirpenelitianpada semester genaptahunpelajaran 2014-2015 denganjumlah 30 siswa. Berdasarkananalisis data siklus I dansiklus II diperolehkesimpulanbahwaaktivitasdanhasilkaryasiswamengalamipeningkatanmelaluipenerapanmateriperspektifdalamkaryagambarilustrasipemandanganalam.Prosentase rata-rata aktivitassiswasiklus I yang berkategorisangatbaik 1 1% meningkatmenjadi 18 8% padasiklus II berkategoribaik 57 2% meningkatmenjadi 78 3% Sedangkan yang berkategoricukup 37 2% dan yang berkategorikurang 4 4% padasiklus I turunmenjadi 2 2% padasiklus II. Sedangkanpadahasilkarya nilai rata-rata siswapadasiklus I adalah 69 6 untuk rata-rata sketsa (kreativitasdanperspektif) 70 3 danuntuk rata-rata pewarnaan (teknikdankomposisi) 68 9. Padasiklus II nilai rata-rata meningkatmenjadi 78 1 pada rata-rata sketsa (kreativitasdanperspektif) 77 8 danuntuk rata-rata pewarnaan (teknikdankomposisi) 78 3. Ketuntasansiswaberdasarkan KKM 99%. Dari hasilpenelitianinidapatdisarankan agar (1) guru lebihtermotivasimenggunakanberbagaimacammetodedan media pembelajaranpenunjanguntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa (2) kepadasiswadisarankanuntuklebihmeningkatkanminatdanmotivasidalammengikutipembelajaranSeniBudayakhususnyaSeniRupapadamaterimenggambarilustrasipemandanganalamdan (3) untukmahasiswa lain yang melakukanpenelitiansejenisdapatdijadikansebagaibahanreferensidanpertimbangandalammelakukanpenelitian khususnyamaterimenggambarilustrasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/13062 |
Actions (login required)
View Item |