Strategi penyampaian pembelajaran seni rupa di kelas A TK Annur Sawojajar Malang / Rizaningrum Mahanani - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi penyampaian pembelajaran seni rupa di kelas A TK Annur Sawojajar Malang / Rizaningrum Mahanani

Mahanani, Rizaningrum (2010) Strategi penyampaian pembelajaran seni rupa di kelas A TK Annur Sawojajar Malang / Rizaningrum Mahanani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci strategi pembelajaran seni TK Melalui pendidikan seni disekolah siswa diarahkan untuk dapat mengembangkan kreativitas kepekaan indrawi serta kemampuan berkreasi seni dalam lingkungan dan kondisi yang terarah. Masing-masing jenjang pendidikan memiliki strategi pembelajaran seni yang berbeda. Dalam penerapan strategi pembelajaran disesuaikan dengan tingkat penguasaan siswa dan tujuan adanya pembelajaran. TK Annur menerapkan sistem sentra yang efektif dan kelengkapan sarana prasarana dalam mengembangkan potensi yang dimiliki oleh anak usia TK. Dengan cara dan metode yang bertitik tolak dari sifat dan karakteristik dari anak yang bersifat unik TK Annur berhasil membawa anak didiknya pada pembelajaran seni yang menyenangkan. Karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) strategi penyampaian pembelajaran seni rupa melalui pembelajaran tematik bagi guru kelas dan pembelajaran sentra oleh guru sentra (2) faktor-faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran seni di KB/ TK Annur. Penelitian yang menggunakan rancangan deskriptif kualitatif ini menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi sebagai alat pengumpul data. Responden penelitian ini adalah guru sentra seni yang mengajar kelas A. Proses analisis data penelitian ini terdiri atas (1) reduksi data dengan merangkum dan memilah data (2) pengorganisasian data dengan pengorganisasian dipilah menurut kelompoknya (3) penarikan kesimpulan/ verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan (1) Strategi penyampaian pembelajaran guru berpedoman pada SKH menggunakan model pembelajaran progresif berdasarkan minat anak dan strategi pembelajaran guru sentra menggunakan pendekatan fungsional dimana siswa diberi kesempatan melahirkan ide-ide baru yang unik dan murni. Metode yang dipakai dalam pembelajaran adalah penugasan eksperimen dan eksplorasi sedangkan media pembelajaran berupa alat dan bahan kegiatan berkesenian seperti buku gambar crayon spidol buku tugas. (2) Faktor lingkungan sekolah serta sarana prasarana dan pengalaman guru sentra dalam mengajar anak usia dini merupakan faktor pendukung pengajaran seni rupa sedangkan kurangnya pemahaman guru terhadap pelaksanaan sistem sentra serta ketrampilan guru dalam mengajar TK yang masih perlu ditingkatkan merupakan faktor penghambat pembelajaran seni di KB/ TK Annur. Untuk penelitian lanjutan disarankan diadakan penelitian serupa dengan waktu observasi lebih panjang dan pendekatan yang lebih mendetail.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13052

Actions (login required)

View Item View Item