Survei pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Kota Malang / Via Lintang Fadhillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Survei pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Kota Malang / Via Lintang Fadhillah

Fadhillah, Via Lintang (2019) Survei pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Kota Malang / Via Lintang Fadhillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fadhillah Via. Lintang. 2019. Survei Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Kota Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Fahrial Amiq S.Or M.Pd. (II) Drs. Tatok Sugiarto S.Pd M.Pd. Kata Kunci Pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani ABK SDLB Kota Malang Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) menggunakan pembelajaran dan layanan yang berbeda dengan mengacu pada kondisi perkembangan fisik dan mental. Kendala yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani bagi ABK di SDLB adalah kurangnya tenaga pendidik khusus pendidikan jasmani belum memprogram secara tegas materi sesuai kategori keterbatasan ABK media yang digunakan belum sesuai metode mengajar yang digunakan belum disesuaikan dengan karakteristik ABK sarana dan prasarana kurang memadai di beberapa sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tenaga pendidik khusus pendidikan jasmani materi pembelajaran metode pembelajaran yang digunakan media yang digunakan dan pengelolaan kelas untuk ABK di SDLB Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif untuk mendeskripsikan kualitas pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani ABK di SDLB. Sampel penelitian ini menggunakan lima SDLB yaitu SDLB Sumber Dharma SDLB Bakti Luhur SDLB Idayu 1 SDLB YPTB dan SDLB Putra Jaya. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner (angket). Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode uji statistik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian di SDLB Sumber Dharma termasuk dalam predikat sangat baik dengan perolehan persentase 85 3%. SDLB Bakti Luhur termasuk dalam predikat baik dengan perolehan persentase 71 83%. SDLB Idayu 1 termasuk dalam predikat baik dengan perolehan persentase 73 67%. SDLB YPTB termasuk dalam predikat baik dengan perolehan persentase 76 67%. SDLB Putra Jaya termasuk dalam predikat sangat baik dengan perolehan persentase 91 67%. Pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani di SDLB Kota Malang secara keseluruhan termasuk dalam predikat baik yaitu 79 93%. Simpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SDLB Kota Malang dapat dikatakan termasuk dalam predikat baik. Dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani ABK di SDLB Kota Malang guru pendidikan jasmani seharusnya guru khusus dan sebelum pembelajaran hendaknya membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menyiapkan media yang akan digunakan serta sarana dan prasarana penunjang pembelajaran harus lebih diperhatikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/130499

Actions (login required)

View Item View Item