Meningkatkan teknik dasar smash bola voli melalui metode drill variasi latihan pada peserta ekstrakurikuler bola voli putra SMA Negeri 1 Kraksaan Kabupaten Probolinggo / Dini Fimatur Rizky - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan teknik dasar smash bola voli melalui metode drill variasi latihan pada peserta ekstrakurikuler bola voli putra SMA Negeri 1 Kraksaan Kabupaten Probolinggo / Dini Fimatur Rizky

Rizky, Dini Fimatur (2019) Meningkatkan teknik dasar smash bola voli melalui metode drill variasi latihan pada peserta ekstrakurikuler bola voli putra SMA Negeri 1 Kraksaan Kabupaten Probolinggo / Dini Fimatur Rizky. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rizky D. F. 2019. Meningkatkan Teknik Dasar Smash Bolavoli Melalui Metode Drill Variasi Latihan Pada Peserta Ekstrakurikuler Bolavoli Putra SMA Negeri 1 Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Tomi M.Pd. (II) Usman Wahyudi. S.Pd. M.Pd. Kata Kunci peningkatan metode drill keterampilan smash permainan bolavoli Permainan bolavoli merupakan permainan bola besar yang dimainkan dua tim masing-masing tim terdiri dari 6 orang pemain yang dipisahkan oleh net dan dibatasi dengan lapangan ukuran 18 meter x 9 meter. Ada 5 macam teknik dasar dalam permainan bolavoli yang harus dikuasai yaitu service passing bawah passing atas smash dan block. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti tingkat penguasaan keterampilan teknik dasar smash pada ekstrakurikuler bolavoli putra SMA Negeri 1 Kraksaan masih kurang. Hal ini dapat dibuktikan pada hasil tes yaitu dari jumlah 23 peserta putra skor di bawah standar rata-rata lebih banyak yaitu dengan jumlah 15 orang (65 2%) sedangkan yang memperoleh skor di atas rata-rata berjumlah 8 orang (34 8%). Upaya pemecahan masalah yaitu dengan latihan keterampilan smash menggunakan metode drill. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan teknik dasar smash permainan bolavoli melalui metode drill. Penelitian ini terfokus pada keterampilan teknik dasar smash open permainan bolavoli. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan olahraga dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian tindakan ini dilakukan dengan menggunakan 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Penelitian ini masing-masing siklus dilakukan selama 3 minggu dengan 9 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah 23 peserta putra ekstrakurikuler bolavoli SMA Negeri 1 Kraksaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode drill dapat meningkatkan keterampilan teknik dasar smash pada peserta ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Kraksaan. Tingkat keberhasilan peserta pada siklus 1 teknik dasar smash mendapatkan hasil yaitu keberhasilan peserta pada minggu pertama pertemuan ketiga dengan persentase 43 5% pada minggu kedua pertemuan keenam dengan persentase 47 8 % dan pada minggu ketiga pertemuan kesembilan dengan persentase 56 5%. Pada siklus 2 teknik dasar smash mendapatkan hasil yaitu keberhasilan peserta pada minggu pertama pertemuan ketiga dengan persentase 60 9% pada minggu kedua pertemuan keenam dengan persentase 73 9 % dan pada minggu ketiga pertemuan kesembilan dengan persentase 82 6%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode drill dalam latihan dapat meningkatan keterampilan teknik dasar smash permainan bolavoli pada peserta ekstrakurikuler bolavoli putra SMA Negeri 1 Kraksaan. Sehingga metode drill ini dapat dijadikan referensi bagi peneliti yang lain untuk meningkatkan keterampilan teknik dasar smash permainan bolavoli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/130495

Actions (login required)

View Item View Item