Irawan, Gustianto (2019) Upaya meningkatkan akurasi teknik passing dengan metode drill pada kegiatan ekstrakurikuler sepakbola SMP negeri 10 Malang / Gustianto Irawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Irawan Gustianto. 2019. Upaya Meningkatkan Akurasi Teknik Passing dengan Menggunakan Metode Drill pada Peserta Ekstrakurikuler SMP Negeri 10 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tatok Sugiarto S.Pd M.Pd. (II) Dr. Ari Wibowo Kurniawan S.Pd M.Pd. Kata Kunci sepakbola passing metode drill. Berdasarkan hasil penelitian awal diketahui bahwa kegiatan ekstrakurikuler sepakbola di SMPN 10 Malang telah memiliki prestasi akan tetapi beberapa tahun terakhir mengalami penurunan yang cukup signifikan. Penurunan ini disebabkan oleh adanya pergantian pelatih dan pemain pada setiap tahunnya dan dibuktikan pada setiap kali mengikuti turnamen kurang berprestasi. Hasil Observasi awal juga menunjukkan bahwa titik lemah dari peserta terdapat pada passsing yaitu dibuktikan pada saat mereka melakukan game. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan akurasi passing dengan metode drill pada kegiatan ekstrakurikuler SMPN 10 Malang. Penelitian ini menggunakan analisis data secara kuantitatif dengan metode penelitian tindakan olahraga (PTO) serta menggunakan instrumen berupa tes. Subjek penelitian adalah peserta ekstrakurikuler sepakbola SMPN 10 Malang yang terdiri dari 20 siswa laki laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 20 peserta ekstrakurikuler sepakbola yang mengikuti tes keterampilan sepakbola. Pada saat melakukan passing kaki bagian dalam memperoleh kategori baik sekali berjumlah 15 peserta (75%) peserta yang memperoleh kategori baik berjumlah 2 peserta (10%) peserta yang memperoleh kategori cukup berjumlah 1 peserta (5%) tidak ada satupun peserta yang memperoleh kategori kurang dan kurang sekali. Sementara pada passing kaki bagian luar memperoleh kategori baik sekali berjumlah 14 peserta (70%) peserta yang memperoleh kategori baik berjumlah 4 peserta (20%) peserta yang memperoleh kategori cukup berjumlah 2 peserta (10%) tidak ada satupun peserta yang memperoleh kategori kurang dan kurang sekali. Pada passing kaki bagian punggung memperoleh kategori baik sekali berjumlah 15 peserta (75%) peserta yang memperoleh kategori baik berjumlah 3 peserta (15%) peserta yang memperoleh kategori cukup berjumlah 2 peserta (10%) tidak ada satupun peserta yang memperoleh kategori kurang dan kurang sekali. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan passing kaki bagian dalam kaki bagian luar dan passing kaki bagian punggung permainan sepakbola menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan yaitu masuk pada pada kategori baik sekali. Dengan demikian penerapan metode drill dapat meningkatkan keterampilan teknik dasar passing kaki bagian dalam kaki bagian luar dan passing kaki bagian punggung permainan sepakbola pada peserta ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 10 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Nov 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/130485 |
Actions (login required)
View Item |