Proses kreativitas siswa dalam menggambar pada mata pelajaran seni budaya di SMA Negeri 1 Pasuruan / Ivan Martioni - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses kreativitas siswa dalam menggambar pada mata pelajaran seni budaya di SMA Negeri 1 Pasuruan / Ivan Martioni

Martioni, Ivan (2010) Proses kreativitas siswa dalam menggambar pada mata pelajaran seni budaya di SMA Negeri 1 Pasuruan / Ivan Martioni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Martioni Ivan. 2010. Proses Kreativitas Siswa Dalam Menggambar Pada Mata Pelajaran Seni Di SMA Negeri 1 Pasuruan. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Rupa Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Ida Siti Herawati M. Pd Kata Kunci proses kreativitas berkarya seni rupa bentuk gambar SMA. Proses merupakan runtutan atau perkembangan dalam menciptakan sesuatu. Dalam hal ini adalah penciptaan sebuah karya seni bentuk gambar. Proses kreativitas pada tiap individu pada pembuatan sebuah karya gambar berbeda antara satu dengan yang lain. Kreativitas merupakan kemampuan mengembangkan suatu potensi yang ada pada diri seseorang dengan menggunakan media tertentu yang digunakan dalam menciptakan sebuah karya atau kreasi yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Proses kreativitas siswa dalam menggambar 2) Hasil gambar siswa pada pembelajaran seni budaya sub bidang studi seni rupa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif sedangkan untuk pengumpulan datanya menggunakan angket terstruktur. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik prosentase. Populasinya adalah siswa SMA Negeri 1 Pasuruan. Sampel dilakukan secara purposive sample pada kelas XII SMAN 1 Pasuruan selanjutnya dilakukan sampel kelas dengan cara mengambil kelas XII yang memiliki jumlah keseluruhan siswa sebanyak 33 siswa. Hasil penelitian tentang proses kreativitas siswa dalam bentuk gambar ini adalah Proses pencarian ide dengan mengamati keadaan atau fenomena sekitar dengan kriteria sering memiliki prosentase sebesar 45 45 % sebesar 54 55 % siswa memiliki kesulitan dalam menerjemahkan ide yang didapat sebesar 42 42 % siswa sering memiliki perencanaan untuk dituangkan dalam sebuah karya sebesar 42 42 % tidak memiliki alat yang digunakan dalam membuat karya dengan lengkap sebesar 48 48 % siswa sering membuat sket dalam menggambar sebesar 42 42 % siswa memperhatikan komposisi garis yang telah dibuat sebesar 36 36 % siswa memperhatikan komposisi warna yang dibuat sebesar 54 55 % siswa tidak pernah memberikan pelindung pada karya yang dibuat. Hasil karya gambar yang dibuat oleh siswa di SMA Negeri 1 Pasuruan memiliki hasil gambar yang bervariasi. Hal ini dikarenakan siswa memiliki perbedaan dalam proses berkreasi dalam hal ini membuat sebuah karya gambar. Dari hasil penelitian yang telah di dapat dapat disimpulkan bahwa hampir dari seluruh siswa selalu membuat karya gambar berupa gambar kartun dalam setiap tugas menggambar yang diberikan oleh pengajar. Hal ini dimungkinkan karena dalam menggambar kartun siswa hanya sedikit memiliki kesulitan dalam pembuatan karya gambar yang dibuat. Sedangkan tema yang terdapat pada karya gambar yang dibuat bersifat bebas atau bervariasi. Selain itu dalam pembuatan sebuah gambar yang dibuat siswa cenderung menggunakan pensil warna dan crayon sebagai alat dalam pewarnaan terhadap karya gambar yang dibuat. Dari hasil penelitian ini dapat disarankan agar (1) Sebagai seorang guru/ pendidik hendaknya perlu meningkatkan keprofesionalan seorang guru dalam membantu siswa dan mendukung proses berkarya dalam bentuk gambar sehingga dapat tercapai sebuah hasil gambar siswa yang maksimal (2) Kepala sekolah bekerjasama dengan guru untuk dapat meningkatkan tingkat kreativitas siswa dengan memfasilitasi dan melengkapi sarana dan prasarana pada pelaksanaan mata pelajaran seni budaya (seni rupa) (3) Siswa dapat mengetahui dan lebih meningkatkan proses kreativitas siswa dalam berkarya dengan cara memfasilitasi segala sesuatu yang dapat mendukung peningkatan kreativitas siswa dalam menggambar sehingga kualitas hasil gambar siswa dapat meningkat (4) Orang tua diharapkan dapat menyikapi perkembangan anak dengan cara membimbing mendidik dan membantu mengarahkan siswa dalam proses sebuah kreasi karya gambar (5) Bahwa penelitian ini perlu diadakan tindak lanjut penelitian lagi yang serupa pada subjek yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13048

Actions (login required)

View Item View Item