Pengembangan media pembelajaran interaktif mata pelajaran seni budaya materi seni lukis di kelas VIII MTs Al Ma'arif Manding Laok Kabupaten Sumenep / Isnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif mata pelajaran seni budaya materi seni lukis di kelas VIII MTs Al Ma'arif Manding Laok Kabupaten Sumenep / Isnawati

Isnawati (2010) Pengembangan media pembelajaran interaktif mata pelajaran seni budaya materi seni lukis di kelas VIII MTs Al Ma'arif Manding Laok Kabupaten Sumenep / Isnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Isnawati. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Seni Budaya Materi Seni Lukis di Kelas VIII MTs Al Ma arif Manding Laok Kabupaten Sumenep. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Iriaji M.Pd. Kata kunci pengembangan media interaktif seni budaya Media pembelajaran yang digunakan di MTs Al Ma arif Manding Laok Kabupaten Sumenep pada mata pelajaran Seni budaya selama ini adalah buku cetak dan contoh-contoh gambar. Dan penyampaian materi masih menggunakan metode ceramah yang dirasa tidak bisa menunjukkan hasil yang maksimal karena siswa kurang termotivasi. Hal inilah yang melatarbelakangi pengembang untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis komputer untuk mata pelajaran Seni Budaya. Dari pengembangan ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar daya tarik dan prestasi belajar siswa. Materi yang dikembangkan dalam media pembelajaran interaktif berbasis komputer ini adalah materi pada mata pelajaran Seni Budaya materi Seni Lukis kelas VIII SMP/MTs. Model pengembangan yang digunakan adalah modifikasi dari struktur model pengembangan media instruksional milik Sadiman yaitu analisis kebutuhan (masalah) tujuan pengembangan materi pengembangan alat evaluasi penyusunan storyboard dan storyline produksi petunjuk pemanfaatan validasi ahli materi ahli media ahli pembelajaran dan kelompok kecil dan revisi produk. Untuk mengetahui layak atau tidaknya media pembelajaran interaktif berbasis komputer ini digunakan maka dilakukan validasi dari ahli materi ahli media ahli pembelajaran dan kelompok kecil yang terdiri dari lima siswa kelas VIII MTs Al Ma arif. Dari validasi yang telah dilakukan diperoleh skor dari ahli materi 92 31% dari ahli media 85% dari ahli pembelajaran 75% dan dari kelompok kecil 90 5%. Dari skor yang telah diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis komputer yang telah dikembangkan ini layak untuk digunakan menurut penilaian ahli media ahli pembelajaran ahli materi dan kelompok kecil. Dari validasi yang dilakukan pada kelompok kecil juga didapat skor 100% pada aspek minat dan motivasi yang artinya menurut penilaian kelompok kecil media pembelajaran yang dikembangkan ini dapat menumbuhkan minat dan motivasi siswa dalam belajar. Berdasarkan hasil pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis komputer untuk mata pelajaran Seni Budaya dan hasil validasi dari beberapa validator dapat disarankan agar dilakukan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis komputer lebih lanjut. Misalnya pada materi pengetahuan seni rupa sejarah seni rupa aliran-aliran seni lukis dan lain-lain. Dalam menggunakan media pembelajaran ini sebaiknya siswa telah memiliki keterampilan mengoperasikan komputer sehingga tidak terjadi kesulitan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13046

Actions (login required)

View Item View Item