Setyorini, Dwi (2010) Pelaksanaan PPL Mahasiswa pendidikan seni rupa di SMP 17 Malang pada mata pelajaran seni budaya semester II 2008/2009 / Dwi Setyorini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Setyorini Dwi. 2009. Pelaksanaan PPL Mahasiswa Pendidikan Seni Rupa di SMPN 17 Malang pada Mata Pelajaran Seni Budaya Semester II 2008/2009. Skripsi Progam Studi Pendidikan Seni Rupa Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Pembimbing Dra. Hj. Purwatiningsih M. Pd. Kata Kunci pelaksanaan strategi PPL. Dunia pendidikan membutuhkan pendidik yang profesional agar setiap pembelajaran berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Untuk memperoleh tingkat profesionalisme setiap mahasiswa kependidikan termasuk mahasiswa Pendidikan Seni Rupa diharuskan melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan. PPL tersebut dilaksanakan agar mahasiswa kompeten dibidangnya karena pada dasarnya teori dan praktek di lapangan sangat berbeda. Untuk itu diadakan penelitian dengan tujuan untuk (1) Mengetahui pelaksanaan strategi pengorganisasian pembelajaran mahasiswa PPL Pendidikan Seni Rupa di SMPN 17 Malang pada mata pelajaran Seni Budaya semester II 2008/2009 (2) Mengetahui pelaksanaan strategi penyampaian pembelajaran mahasiswa PPL Pendidikan Seni Rupa di SMPN 17 Malang pada mata pelajaran Seni Budaya semester II 2008/2009 dan (3) Mengetahui pelaksanaan strategi pengukuran hasil belajar mahasiswa PPL Pendidikan Seni Rupa di SMPN 17 Malang pada mata pelajaran Seni Budaya semester II 2008/2009. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian adalah dua mahasiswa PPL di SMPN 17 Malang. Lokasi penelitian di SMPN 17 Malang yang tepatnya berada di jalan Tanjung Priok no. 120 Klayatan Malang. Intrumen penelitian utama adalah human instrument yaitu peneliti sendiri dengan dibantu intrumen pembantu seperti panduan wawancara panduan observasi dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara mendalam (terstruktur dan tidak terstruktur) observasi partisipasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data penyajian data verifikasi disertai dengan penyimpulan. Untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data baik sumber waktu maupun metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Mahasiswa PPL telah melaksanakan tahap strategi pengorganisasian pembelajaran dengan menyusun perangkat pembelajaran. Perangkat yang terdiri dari progam tahunan progam semester silabus dan RPP tersebut disusun dengan menyesuaikan perangkat sekolah berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kompetensi yang dikembangkan adalah apresiasi dan ekspresi keempat sub bidang studi Seni Budaya yaitu seni rupa musik tari dan teater. Dalam implementasinya ditemukan suatu pembelajaran tanpa ada perangkat (2) Mahasiswa PPL telah melaksanakan tahap strategi penyampaian pembelajaran seni seperti penggunaan model metode pendekatan media dan ketrampilan dasar mengajar. Dalam implementasinya pembelajaran belum berjalan optimal dengan metode yang dipilih terdapat kesulitan penguasaaan kelas dan belum adanya sarana prasarana yang mendukung strategi penyampaian pembelajaran (3) Mahasiswa PPL telah melaksanakan strategi pengukuran hasil belajar siswa melalui penilaian proses dan penilaian produk pembelajaran dengan mengukur kompetensi apresiasi dan ekspresi dengan menggunakan penilaian rating scale yang berisi aspek-aspek yang dinilai. Dalam implementasinya penilaian tersebut belum sistematis sesuai dengan perencanaan. Berdasarkan temuan penelitian disarankan kepada (1) Mahasiswa PPL sebaiknya menyusun perangkat pembelajaran dengan cermat teliti dan baik pada setiap pembelajaran. Dalam tahap strategi penyampaian sebaiknya lebih selektif dalam pemilihan metode pembelajaran. Dalam tahap strategi pegukuran pembelajaran sebaiknya menggunakan intrumen penilaian dengan baik dan sistematis agar mempermudah dalam mengukur kemampuan siswa (2) Guru pamong agar membimbing setiap mahasiswa PPL dalam melaksanakan strategi pengorganisasian penyampaian dan strategi pengukuran hasil pembelajaran (3) Sekolah agar lebih memperhatikan mata pelajaran seni budaya dengan melengkapi sarana prasarana demi berlangsungnya pembelajaran yang optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jan 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/13044 |
Actions (login required)
View Item |