Penerapan model pembelajaran autentik dalam menggambar ragam hias untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.8 SMPN 21 Malang / Artha Putra Pratama

Pratama, Artha Putra (2019) Penerapan model pembelajaran autentik dalam menggambar ragam hias untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.8 SMPN 21 Malang / Artha Putra Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratama, Artha Putra. 2019 Penerapan Model Pembelajaran Autentik dalam Menggambar Ragam Hias Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII.8 SMPN 21 Malang. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pebimbing (I): Dra. Tjitjik Sriwardani. M.Pd., (II) Lisa Sidyawati, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: model pembelajaran, autentik, ragam hias, hasil belajar, SMP Berdasrkan hasil observasi awal permasalahan yang terjadi pada mata pelajaran Seni Budaya kelas VII.8 di SMP Negeri 21 Malang adalah peserta didik belum mampu menggambar bentuk dan motif ragam hias dengan komposisi dan proporsi yang tepat. Peserta didik cenderung membuat motif yang monoton atau sama, dan belum dapat mengkomposisikan warna dengan teknik pewarnaan yang baik. Oleh sebab itu memerlukan model pembelajaran tertentu yang diharapkan dapat meningkatkan hasil menggambar ragam hias bagi peserta didik. Penerapan model pembelajaran autentik dapat dijadikan solusi untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan pesrta didik dalam menggambar ragam hias. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran autentik dalam pembelajaran menggambar ragam hias yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dalam lingkup keterampila siswa Kelas VII.8 SMPN 21 Malang. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII.8 SMP Negeri 21 Malang yang berjumlah 34 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Data hasil belajar diperoleh dari nilai tes formatif yang akan mengukur hasil pengetahuan dan tes praktik yang akan mengukur hasil keterampilan menggambar ragam hias. Analisis data memilih, menggolongkan data-data yang sudah di dapat berupa catatan-catatan mengenai pembelajaran dan mendeskripsikan dalam bentuk narasi, tabel atau grafik kemudian disimpulkan dalam bentuk pernyataan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil observasi, tes, dan dokumentasi pada penerapan model pembelajarn autentik telah terjadi peningkatan hasil belajar menggambar ragam hias, peningkatan hasil belajar tersebut dapat dilihat dari penilaian keterampilan. Nilai rata-rata praktik menggambar dengan indikator penilaian, alat dan bahan, visualisasi sketsa, stilasi, komposisis, dan teknik mewarnai sebesar 74,38 dan skor ketuntasan belajar sebesar 61,76% dari 34 peserta didik 13 diantaranya belum tuntas. Siklus II nilai rata-rata tes praktik menggambar dengan indikator penilaian,

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13039

Actions (login required)

View Item View Item