Ki Hadjar Dewantara sebagai inspirasi penciptaan infografis tentang penanaman nasionalisme dan patriotisme / Sultan Shalihuddin Alayubi

Alayubi, Sultan Shalihuddin (2019) Ki Hadjar Dewantara sebagai inspirasi penciptaan infografis tentang penanaman nasionalisme dan patriotisme / Sultan Shalihuddin Alayubi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RANGKUMAN Alayubi, Sultan Shalihuddin. 2018. Ki Hadjar Dewantara Sebagai Inspirasi Penciptaan Infografis Tentang Penanaman Nasionalisme Dan Patriotisme Skripsi, Jurusan Seni Dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Didiek Rahmanadji, M.Pd. dan Abdul Rahman Prasetyo, S.Pd, M.Pd. Kata kunci: Ki Hadjar Dewantara, nasionalisme dan patriotisme, infografis Raden Mas Soewardi atau yang lebih dikenal dengan Ki Hadjar Dewantara merupakan sosok pahlawan nasional yang patut dijadikan teladan oleh generasi muda saat ini, karena di zaman modern seperti saat ini nilai teladan sangat penting karena pada saat ini banyak terjadi penyimpangan perilaku pada generasi muda. Ki Hadjar merupakan salah satu tokoh pahlawan nasional yang patut menjadi teladan hidup karena kisah hidup perjuangan beliau dapat dijadikan inspirasi bagi generasi sesudahnya. Tujuan penciptaan karya seni ini yang diciptakan oleh pencipta adalah memperkenalkan sosok pahlawan nasional yaitu Ki Hadjar Dewantaradalam wujud seni digital berbasis infografis secara menarik, sehingga dapat menumbuhkan sikap nasionalisme dan patriotisme. Metode penciptaan yang digunakan dalam penciptaan ini secara prosedural dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan memaparkan langkah-langkah secara berurutan dari proses awal hingga akhir. Prosedur penciptaan dimulai dari melakukan riset meliputi pencarian data, analisis, sintesis sampai dengan visualisasinya. Hasil dari penciptaan karya seni digital ini meliputi (1) proses produksi yang meliputi pengumpulan data, narasi, sketsa, dan editing (2) karya yang dihasilkan berupa karya cetak berukuran A1 berjumlah 6 buah secara berseri (3) hasil karya akhir dipamerkan agar masyarakat dapat mengapresiasi karya seni yang telah diciptakan.Hasil dari penciptaan karya seni digital berbasis infografis ini diharapkan bisa menjadi sumber inspirasi dan dapat menjadi pelajaran yang baik mengenai nilai keteladanan dari pahlawan nasional tersebut. Sehingga dapat menanamkan rasa nasionalisme dan patriotisme yang baik melalui kisah-kisah teladan yang baik dari infografis biografi Ki Hadjar Dewantara tersebut. Dengan demikian, maka penciptaan ini akan bermanfaat dan berdaya guna bagi penanaman rasa nasionalisme dan patriotisme.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13035

Actions (login required)

View Item View Item