Pengembangan motif batik alam lokal Bromo ke dalam sandang wanita / Imania Maretha Noer - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan motif batik alam lokal Bromo ke dalam sandang wanita / Imania Maretha Noer

Noer, Imania Maretha (2019) Pengembangan motif batik alam lokal Bromo ke dalam sandang wanita / Imania Maretha Noer. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Maretha Noer Imania. 2018. Pengembangan Motif Batik Alam Lokal Bromo Ke Dalam Sandang Wanita. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ponimin M.Hum (II) Lisa Sidyawati S.Pd M.Pd. Kata Kunci Alam Lokal Bromo Penciptaan Seni Batik. Alam lokal yang berada di Bromo Kabupaten Probolinggo belum menjadi daya tarik tersendiri untuk masyarakat maupun wisatawan sehingga wisata alamnya hanya tertuju pada Gunung Bromonya saja. Alam lokal yang dimaksud yaitu flora khas yang berasal dari Bromo seperti bunga edelweis bunga kecubung dan pohon kesek. Dimana flora-flora tersebut memang keberadaannya ada di Bromo dan khalayak idak mengetahui bahwa flora tersebut merupakan flora khas Bromo. Dari situlah pencipta terinspirasi dan membuat ide sebuah karya seni. Penciptaan karya seni batik ini berasal dari eksplorasi ide improvisasi atau eksperimentasi dan pembentukan atau perwujudan. Berikut proses penciptaan batik pembuatan konsep motif batik pemindahan pola pada kain atau pengeblatan pencantingan pewarnaan pemberian waterglass atau penguat warna terakhir pelorodan untuk melunturkan atau menghilangkan lilin dan waterglass. Jika semua konsep dan karya selesai selanjutnya pencipta menjahitkan kain batik yang sudah dibuat menjadi sebuah karya sandang wanita berupa sandang atas yaitu baju kerja untuk wanita remaja sandang bawah yaitu rok untuk wanita dewasa dan jumpsuit untuk wanita remaja. Hasil proses kreasi berupa 6 buah karya batik sanang wanita dengan media fisik kain mori primisima. Setelah sandang wanita jadi pencipta melakukan presentasi karya yang sudah dipamerkan untuk diapresiasikan (diamati) ileh apresiator (pengamat). Dengan mengangkat tema Alam Lokal Bromo diharapkan melalui karya batik sandang wanita ini dapat menyampaikan pesan moral dan keindahan Alam Lokal Bromo. Sehingga dapat dijadikan sebuah motivasi dalam melestarikan budaya dan alam lokal disekitarnya. Dalam penciptaan batik sandang wanita ini diharapkan dapat memberikan nilai-nilai edukatif terhadap generasi penerus agar lebih mengenal dan menghargai alam. Selain itu melalui penciptaan ini diharapka juga menjadi salah satu contoh pelestarian budaya batik dan alam lokal daerah setempat seperti flora khasnya (Bunga Edelweis Bunga Kecubung dan Daun Kesek).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13034

Actions (login required)

View Item View Item