Analisis visual pada motif batik burung merak, motif kerang, dan motif kelapa muda karya rumah batik Wirodipuro Pesisir Besuki Kabupaten Situbondo / Antika Cahya Marlinda

Marlinda, Antika Cahya (2018) Analisis visual pada motif batik burung merak, motif kerang, dan motif kelapa muda karya rumah batik Wirodipuro Pesisir Besuki Kabupaten Situbondo / Antika Cahya Marlinda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Marlinda, Cahya Antika, 2018. Analisis visual pada motif batik burung merak, motif kerang, dan motif kelapa muda karya rumah batik Wirodipuro Pesisir Besuki Kabupaten Situbondo. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. A. A. G. Rai Arimbawa. M. Sn. (2) Lisa Sidyawati S. Pd. M. Pd. Kata Kunci: Rumah Batik Wirodipuro, Motif Batik, Warna Batik Wirodipuro merupakan gelar dari pembabat tanah Besuki yaitu Raden Bagus Kasim yang diberi gelar Wirodipuro pertama oleh ayah dari Raden Bagus Kasim yaitu Raden Wirobroto. Wiro yang artinya Pahlawan dan Dipuroa artinya Daerah. Rumah batik wirodipuro berdiri pada tahun 2015. Rumah batik ini terletak di Jl. Sepudi no. 57 Desa Pesisir Kecamatan besuki KabupatenSitubondo. Walaupun termasuk baru, Rumah Batik Wirodipuro ini sudah menghasilkan berbagai macam karya batik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motif dan warna pada karya Rumah Batik Wirodipuro dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai instrumen aktif dalam upaya mengumpulkan data di lapangan. Dari sekian karya yang dihasilkan, peneliti memilih tiga sampel batik untuk diteliti. Batik pertama motif burung merak yang terinspirasi dari ikon Taman Nasional Baluran yaitu burung merak hijau. Batik motif burung merak kembang waru ini terdiri dari motif utama yaitu burung merak, motif pendukung yaitu bunga waru dan tumbuhan bakau, dan yang terakhir isen-isen yaitu ombak. Yang unik dari batik ini yaitu menggunakan teknik colet dan teknik Smoke. Batik motif kerang kembang waru ini terdiri dari motif utama yaitu Kerang kembang waru, motif pendukung yaitu motif kembang waru dan kerang, dan motif isen yaitu titik-titik. Yang terakhir yaitu batik motif kelapa muda dan biota laut. Motif ini sama seperti motif batik kedua yaitu motif khas Situbondo namun yang membedakan yaitu motif ini tidak menggunakan teknik yang sama dengan motif batik kedua. Batik motif kelapa muda dan biota laut ini terdiri dari motif utama yaitu motif biota laut, motif pendukung yaitu motif kelapa muda dan motif isen yaitu motif kelapa. Warna pada batik pertama didominasi warna hijau, oranye dan biru pada motif, warna putih pada background. Kemudian motif kedua dari karya rumah batik ini yaitu motif kerang kembang waru. Warna pada batik kedua didominasi warna pink, ungu muda, hitam pada motif dan ungu tua pada bagian background.Warna yang digunakan pada batik ketiga yaitu dominan menggunakan warna merah, coklat, hijau pada motif dan kuning pada background. Jadi kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa motif batik karya Rumah Batik Wirodipuro keseluruhan menggunakan motif biota laut (kerang, keong, cekomang, bintang laut dan lain sebagainya). Selain itu Rumah Batik Wirodipuro menggunakan burung merak sebagai motif khas Rumah Batik Wirodipuro.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13032

Actions (login required)

View Item View Item