EKspresi visual Putri Mandalika dalam karya seni keramik berglasir / Tomy Taufik Rafiqul Hadi - Repositori Universitas Negeri Malang

EKspresi visual Putri Mandalika dalam karya seni keramik berglasir / Tomy Taufik Rafiqul Hadi

Hadi, Tomy Taufik Rafiqul (2018) EKspresi visual Putri Mandalika dalam karya seni keramik berglasir / Tomy Taufik Rafiqul Hadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hadi Tomy Taufik Rafiqul. 2018. Ekspresi Visual Putri Mandalika dalam Karya Seni Keramik. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ponimin M.Hum. dan Lisa Sidyawati S. Pd. M.Pd. Kata Kunci Putri Mandalika ekspresi seni keramik Putri Mandalika adalah seorang putri raja dari kerajaan Tonjeng Beru dari legenda rakyat Suku Sasak. Putri Mandalika akan menjadi objek utama dalam penciptaan karya seni keramik ini. Perupa akan berusaha memvisualkan pose atau gesture tubuh Putri Mandalika yang dalam kondisi tertekan atau galau dalam mengambil keputusan yang akan diambilnya dalam memilih pangeran yang akan meminangnya. Akhirnya keputusan yang diambil oleh Putri Mandalika adalah mengorbankan dirinya sendiri agar para pangeran tidak berperang antara pangeran yang Putri Mandalika pilih dengan pangeran yang tidak terpilih. Putri Mandalika melakukan semua itu agar masyrakat dan kerajaannya tetap tentram dan aman. Nilai nilai kebijaksanaan yang terkandung dalam legenda Putri Mandalika inilah yang ingin di angkat oleh perupa untuk menciptakan karya seninya. Nilai nilai kebijaksanaan ini bisa menjadi pembelajaran bagi para generasi muda agar lebih bijaksana dalam mengambil keputusan dan tidak hanya mementingkan kepentingan pribadinya saja tetapi juga lebih perduli terhadap sesama manusia. Metode penciptaan seni keramik ini mengadaptasi metode perancangan SP. Gustami. Tahap pertama adalah ekplorasi mencakup perenungan eksplorasi penggalian pengumpulan data dan referensi mengenai sumber ide tentang legenda Putri Mandalika. Tahap ke dua meliputi (1) perencanaan melakukan eksplorasi bentuk dan teknik sehingga terbentuk konsep-konsep berkarya yang diwujudkan dalam bentuk gambar sketsa dengan didukung imajinasi/kepekaan estetik pengalaman artistik dan teknik berkarya (2) visualisasi gagasan menjadikan gambar sketsa terpilih sebagai bentuk model prototipe. Tahap ke tiga meliputi (1) perwujudan melakukan pengembangan/penyempurnaan sketsa terpilih yang akan digunakan sebagai bentuk dalam proses berkarya (3) mengadakan penilaian dan evaluasi hasil karya. Penciptaan ini menghasilkan beberapa karya visual estetik dengan media seni keramik stone ware 3 dimensi. Teknik yang digunakan adalah teknik pembentukan keramik dengan teknik pinching dalam bentuk Putri Mandalika yang diolah sedemikian rupa dengan bahasa visual perupanya. Semoga dengan penciptaan ini menjadi referensi pembelajaran masyarakat mengenai perkembangan seni keramik dan Lebih mengenal legenda Putri Mandalika serta usaha menghubungkan bagaimana seni dapat membantu menghargai nilai budaya lokal sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13024

Actions (login required)

View Item View Item