Pengembangan buku digital tutorial menggambar wajah seseorang dengan metode tracing menggunakan software point tool sai / Roal 'Arfiyatul Maulidiyah

Maulidiyah, Roal 'Arfiyatul (2018) Pengembangan buku digital tutorial menggambar wajah seseorang dengan metode tracing menggunakan software point tool sai / Roal 'Arfiyatul Maulidiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Maulidiyah, Roal ÔÇÿArfiyatul. 2018. Pengembangan Buku Digital Tutorial Menggambar Potret Wajah Seseorang Dengan Metode Tracing Menggunakan Software Paint Tool Sai. Skripsi, Jurusan Seni Dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Didiek Rahmanadji, M.Pd, (II) Abdul Rochman Prasetyo, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Buku Digital Tutorial Menggambar Wajah, Metode Tracing Wajah, Paint Tool Sai. Pada era saat ini, banyak generasi muda yang mulai menggemari dan belajar menggambar khususnya menggambar wajah seseorang atau menggambar realis. Ada yang menggambar menggunakan cara manual maupun digital. Akan tetapi, pada saat ini yang banyak digemari dan banyak dipelajari adalah menggambar digital atau menggambar menggunakan laptop dan komputer. Tentunya menggambar realis wajah seseorang tidak mudah, tidak bisa dengan sekali belajar menggambar dan hasilnya langsung bagus bahkan mirip dengan wajah asli yang digambar. Masuknya eBook di Indonesia seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi global. Transformasi dari buku cetak menuju buku digital yang ditampilkan melalui media internet memudahkan pembaca dalam mencari informasi yang tersedia. Pengembangan buku digital tutorial menggambar potret wajah seseorang dengan metode tracing menggunakan software Paint Tool Sai ini menggunakan metode pengembangan Borg dan Gall dengan menggunakan tujuh langkah dari sepuluh langkah penelitian yang telah dimodifikasi. Langkah dalam metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan, perencanaan, pengembangan produk awal, validasi ahli, revisi produk 1, uji coba kelompok kecil, dan revisi akhir. Berdasar hasil angket validasi media, didapatkan persentase sebesar 64% yang artinya buku digital tutorial masuk dalam kualifikasi cukup valid dengan kriteria dapat digunakan dengan revisi kecil. Dari hasil angket validasi materi, didapatkan persentase sebesar 86% yang artinya buku digital tutorial masuk dalam kualifikasi sangat valid dengan kriteria dapat digunakan tanpa revisi. Sedangkan dari hasil angket uji coba kelompok kecil didapatkan persentase 84% yang artinya buku digital tutorial masuk dalam kualifikasi sangat valid dengan kriteria dapat digunakan tanpa revisi. Pengembangan buku digital tutorial menggambar potret wajah seseorang dengan metode tracing menggunakan softeare Paint Tool Sai ini dapat digunakan sebagai referensi serta menambah wawasan dalam menggambar digital khususnya wajah seseorang. Berdasar hasil validasi yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa buku digital tutorial menggambar wajah seseorang dengan metode tracing menggunakan software Paint Tool Sai ini valid dan layak digunakan selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13023

Actions (login required)

View Item View Item