Penerapan metode ekspresi terarah untuk meningkatkan kualitas visual ilustrasi poster di kelas X Multimedia 2 SMKN 7 Malang / Rosyiqoh Arifah Lutyifiah

Lutyifiah, Rosyiqoh Arifah (2018) Penerapan metode ekspresi terarah untuk meningkatkan kualitas visual ilustrasi poster di kelas X Multimedia 2 SMKN 7 Malang / Rosyiqoh Arifah Lutyifiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Lutyifiah, Rosyiqoh Arifah. 2018. Penerapan Metode Ekspresi Terarah Untuk Meningkatkan Hasil Karya Desain Poster Dikelas X Multimedia 2 SMKN 7 Malang. Skripsi, Jurusan Seni Dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hariyanto, M. Hum, M.Pd, (II)Abdul Rahman Prasetyo, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Karya, Desain Poster, Metode Ekspresi Terarah Permasalahan yang terjadi pada mata pelajaran produktif dengan materi desain poster di SMK Negeri 7 Malang adalah hasil karya yang kurang memuaskan, dengan nilai dibawah rata-rata (KKM 75). Hal tersebut disebabkan karena peserta didik belum bisa berkarya dengan baik dalam materi desain poster yang diterapkan oleh guru. Masih terkendala oleh kurangnya metode pembelajaran yang diterapkan ke peserta didik. Dengan metode ekspresi terarah ini diharapkan menjadi solusi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil karya desain poster dengan penerapan metode ekspresi terarah pada kelas X Multimedia 2 di SMK Negeri 7 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas atau PTK dalam 2 siklus. Tiap tahapan siklus dimulai dengan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X Multimedia 2 di SMK Negeri 7 Malang berjumlah 31 anak. Data hasil belajar diperoleh dari nilai tes praktek atau hasil karya. Analisis data menggunakan kuantitatif. Data kuantitatif yang didapatkan yaitu menghitung jumlah keseluruhan perolehan nilai, skor maksimal, rata-rata dan presentase hasil karya. Peningkatan hasil karya dapat dilihat dari 5 penilaian, pertama aspek sasaran, komposisi, selanjutnya bahasa, warna teks , dan gambar. Hasil karya pada siklus I dengan aspek sasaran nilai rata-rata 74. Pada siklus II dengan nilai 82. Pada aspek komposisi siklus I dengan nilai rata-rata 74 dengan kategori baik. Pada siklus II dengan nilai 83. Nilai rata-rata aspek bahasa pada siklus I 74. Pada siklus II 82. Kemudian nilai rata-rata aspek warna teks pada siklus I 74. Pada siklus II 82. Nilai rata-rata aspek gambar disiklus I 74. Pada siklus II 83. Dan hasil nilai rata-rata pada seluruh aspek di siklus I 74. Pada siklus II 82. Peningkatan hasil karya pada siklus I terdapat 18 anak tuntas dan pada siklus II 31 anak tuntas dalam hasil pembelajaran. Ketuntasan peserta didik berdasarkan KKM di sekolah tersebut. Berdasarkan hasil observasi, hasil karya dan dokumentasi pada penerapan metode ekspresi terarah telah terjadi peningkatan hasil karya desain poster. Dengan demikian metode ekspresi terarah dapat meningkatkan hasil karya desain poster peserta didik. Dari hasil penelitian ini dapat disarankan agar lebih termotivasi untuk meningkatkan hasil karya dan lebih meningkatkan minat dan motivasi dalam mengikuti pembelajaran produktif khususnya pada materi desain poster, dan penelitian sejenis dapat dijadikan sebagai bahan referensi dan pertimbangan dalam melakukan penelitian, khususnya pada materi dan bahan ajar desain poster.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13020

Actions (login required)

View Item View Item