Meningkatkan hasil gambar ilustrasi jenis kartun dengan teknik montase pada mata pelajaran Seni Budaya kelas VIII D SMP PGRI 01 Wagir / Agustiandani Puspita Sari Dwi Saputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil gambar ilustrasi jenis kartun dengan teknik montase pada mata pelajaran Seni Budaya kelas VIII D SMP PGRI 01 Wagir / Agustiandani Puspita Sari Dwi Saputri

Saputri, Agustiandani Puspita Sari Dwi (2018) Meningkatkan hasil gambar ilustrasi jenis kartun dengan teknik montase pada mata pelajaran Seni Budaya kelas VIII D SMP PGRI 01 Wagir / Agustiandani Puspita Sari Dwi Saputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Saputri Agustiandani. 2018. Meningkatkan Hasil Gambar Ilustrasi Jenis Kartun Teknik Montase pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas VIII D SMP PGRI 01 Wagir. Skripsi. Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Tjitjik Sriwardhani M.Pd (II)Joko Samodra M.S.Kom Kata Kunci gambar ilustrasi kartun teknik montase seni budaya SMP. Mata pelajaran seni budaya berfungsi mengembangkan apresiatif dan kreatifitas. Sesuai di kelas VIII terdapat salah satu materi gambar ilustrasi. Gambar ilustrasi memiliki beberapa jenis salah satunya adalah gambar ilustrasi jenis kartun. Tetapi dalam berkarya gambar ilustrasi peserta didik mengalami beberapa kesulitan dalam menguasai teknik dan prosedur dalam berkarya gambar ilustrasi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan teknik montase dalam gambar ilustrasi jenis kartun agar dapat meningkatkan hasil karya siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas VIII D di SMP PGRI 01 Wagir maka dari itu dengan adanya penerapan teknik montase ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam proses dan teknik berkarya gambar ilustrasi jenis kartun. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas atau PTK yang dilakukan dengan tahapan siklus pada tindakan pembelajaran. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi wawancara tidak terstruktur dokumentasi dan tes. Tahapan siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Analisis data dilakukan menggunakan naratif kuantitatif berdasarkan hasil data pada siklus I dan siklus II maka diperoleh kesimpulan bahwa penerapan teknik montase pada gambar ilustrasi jenis kartun mengalami peningkatan dalam berkarya. Indikator penilaian terdiri dari ketepatan bentuk (ketepatan perancangan kreativitas pemilihan gambar) komposisi (proporsi keseimbangan emphasis) dan teknik (Proses berkarya proses menggambar proses pewarnaan proses penempelan gambar). Hasil akhir siklus 1 berikut ini (1) Nilai rata-rata dalam ketepatan bentuk adalah 68% (2) nilai rata-rata dalam komposisi adalah 70% 3) nilai rata-rata dalam teknik adalah 69%. Karena dirasa belum tuntas dalam nilai siswa dan belum sesuai SKM maka perlu adanya siklus lanjutan. Hasil akhir siklus 2 mempunyai hasil prosentase berikut ini (1) Nilai rata-rata dalam ketepatan bentuk adalah 82% (2) nilai rata-rata dalam komposisi adalah 81% 3) nilai rata-rata dalam teknik adalah 83%. Dalam ketepatan bentuk peserta didik sudah dapat menemukan ide dalam mencari bentuk sesuai dengan tema. Peserta didik sudah bisa dalam mengatur komposisi agak tidak terlihat monoton serta mampu menerapkan teknik tempel dengan baik dan benar. Hasil akhir pada siklus 2 memberikan ketuntasan nilai jadi tidak perlu adanya siklus lanjutan dan cukup sampai dengan siklus 2. Nilai ketuntasan siswa yang sesuai dengan KKM pada siklus 1 adalah sebanyak 4 siswa (12 5%) kemudian mngalami peningkatan pada siklus 2 sebesar 28 siswa (87 5%) menjadi 32 siswa (100%) maka tuntas pembelajaran gambar ilustrasi teknik montase dalam meningkatkan hasil gambar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13019

Actions (login required)

View Item View Item