Penerapan media audiovisual sebagai upaya dalam meningkatkan hasil karya desain vector wajah di kelas XI Desai Grafis 2 Prodistik IT MAN 1 Pasuruan / Maraqonita Tillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media audiovisual sebagai upaya dalam meningkatkan hasil karya desain vector wajah di kelas XI Desai Grafis 2 Prodistik IT MAN 1 Pasuruan / Maraqonita Tillah

Tillah, Maraqonita (2018) Penerapan media audiovisual sebagai upaya dalam meningkatkan hasil karya desain vector wajah di kelas XI Desai Grafis 2 Prodistik IT MAN 1 Pasuruan / Maraqonita Tillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Tillah Maraqonita. 2018. Penerapan Media Audiovisual Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Hasil Karya Desain Vector Wajah Di Kelas XI Desain Grafis 2 Prodistik IT MAN 1 Pasuruan . Skripsi Jurusan Seni Dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hariyanto M.Hum (II) Abdul Rahman Prasetyo S.Pd M.Pd. Kata Kunci Media Audiovisual Hasil Karya Vector Wajah Penelitian ini dilatar belakangi oleh ada permasalahan dalam kelas XI Desain Grafis 2 Prodistik IT MAN 1 Pasuruan yaitu rendahnya nilai hasil karya desain vector wajah yang tidak memenuhi standar KKM. Banyak faktor pendukung untuk mencapai tujuan belajar dalam proses pembelajaran baik itu guru peserta didik metode media atau sarana. Semua saling berkaitan satu sama lain. Metode yang diterapkan oleh guru tidak akan sempurna tanpa adanya media yang sesuai dengan kebutuhan dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran begitu pula sebaliknya. Permasalahan dalam kelas ini yaitu rendahnya nilai dalam berkarya desain vector wajah terutama bagi peserta didik yang kurang tanggap dalam menangkap informasi yang guru jelaskan. Karakteristik belajar antar peserta didik berbeda-beda ada yang cepat tanggap ada yang lambat. Ada tiga gaya belajar yaitu visual auditorial dan kinestetik. Oleh karenanya selain metode yang baik dalam pembelajaran juga harus memperhatikan media yang digunakan untuk menghasilkan hasil belajar yang baik. Sehubungan dengan permasalahan tersebut maka dibuatlah solusi dengan menerapkan media audiovisual sebagai upaya meningkatkan hasil karya karena selain dengan memperhatikan penjelasan dari guru peserta didik dapat memanfaatkan media tersebut dalam proses berkarya desain vector wajah. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model penelitian dari Kemmis MC Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI Desain Grafis 2 Prodistik IT MAN 1 Pasuruan. Analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil karya dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media audiovisual dapat meningkatkan hasil karya peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari perolehan skor yang terus meningkat dari siklus I ke siklus II. Dari 28 peserta didik saat siklus I sejumlah 22 (78.57%) tuntas memenuhi nilai KMM sedangkan 6 (21.43) peserta didik tidak tuntas. Pada siklus II seluruh peserta didik telah tuntas dan memenuhi standar KKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13018

Actions (login required)

View Item View Item