Analisis Visualisasi Motif Utama di Batik Tulis Bulan Asri Randuagung Singosari Kabupaten Malang / Febri Indra Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis Visualisasi Motif Utama di Batik Tulis Bulan Asri Randuagung Singosari Kabupaten Malang / Febri Indra Putri

Putri, Febri Indra (2018) Analisis Visualisasi Motif Utama di Batik Tulis Bulan Asri Randuagung Singosari Kabupaten Malang / Febri Indra Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putri Febri Indra. 2018. Analisis Visualisasi Motif Utama di Batik Tulis Bulan Asri Randuagung Singosari Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. AAG Rai Arimbawa M. Sn (II) Lisa Sidyawati S.Pd M.Pd. Kata Kunci batik tulis bulan asri motif batik warna batik Kecamatan Singosari memiliki pengembang batik yaitu Batik Tulis Bulan Asri. Pengembang batik tersebut cukup lama dan menjadi cikal bakal dari Batik se Kabupaten Malang. Terdapat empat motif utama yaitu motif Pending Renggo Padma dan Sumping. Keempat motif tersebut terinspirasi oleh aksesoris arca putri Ken Dedes pada masa kerajaan Singosari. Beberapa dari masyarakat ada yang belum mengenal lebih jauh tentang motif utama pada Batik Tulis Bulan Asri yang merupakan pencetus dan pelopor bagi industri batik lain yang ada di Kabupaten Malang oleh karena itu motif utama pada Batik Tulis Bulan Asri perlu divisualisasi. Penelitian bertujuan untuk menganalisis (1) visualisasi motif utama pada batik Tulis Bulan Asri (2) visualisasi warna pada batik Tulis Bulan Asri. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrumen aktif dalam upaya pengumpulan data di lapangan. Teknik analisis yang dilakukan meliputi reduksi data tahap sajian data dan tahap pemeriksaan simpulan. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil analisis data visualisasi motif utama yaitu pertama motif Pending berbentuk simetris dengan menggunakan ragam hias geometris. Warna yang digunakan yaitu warna biru dan warna putih. Motif pendukung yang digunakan adalah motif Renggo dengan menggunakan isen-isen cecek tiga. Motif kedua yaitu motif Renggo yang berbentuk simetris pula dengan menggunakan ragam hias flora dan geometris. Warna yang digunakan yaitu warna merah kuning hijau dan putih. Motif pendukung yang digunakan adalah motif Pending dengan menggunakan isen-isen cecek tiga. Motif ketiga yaitu motif Padma yang berbentuk simetris dengan menggunakan ragam hias flora. Warna yang digunakan yaitu warna merah kuning hijau dan putih. Motif pendukung yang digunakan adalah motif Pending dan daun teratai dengan menggunakan isen-isen burung daun dan kuncup teratai. Motif keempat yaitu motif Sumping yang berbentuk asimetris dengan menggunakan ragam hias flora. Warna yang digunakan yaitu merah tint hijau dan kuning. Motif pendukung yang digunakan adalah motif Sumping berukuran kecil bunga mawar dan buah langsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif utama yang digunakan adalah hasil stilasi dari aksesoris pada Arca Putri Ken Dedes. Jika pada batik ini menggunakan salah satu motif sebagai motif utama maka motif pendampingnya juga terdiri dari motif utama yang lainnya. Warna-warna yang cenderung digunakan yaitu warna merah biru kuning hijau hitam dan putih.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13014

Actions (login required)

View Item View Item