Identifikasi desai kerajinan perhiasan perak di Rumah perak Abdullah sani Kota Malang / Bryan Bimmo Bastyant - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi desai kerajinan perhiasan perak di Rumah perak Abdullah sani Kota Malang / Bryan Bimmo Bastyant

Bastyant, Bryan Bimmo (2018) Identifikasi desai kerajinan perhiasan perak di Rumah perak Abdullah sani Kota Malang / Bryan Bimmo Bastyant. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bastyant Bryan bimmo. 2018. Idendtifikasi Desain Perhiasan Perak di Rumah Perak Abdullah Sani Kota Malang. Skripsi. Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. AAG Rai Arimbawa M.Sn. (II) Lisa Sidyawati S.Pd M.Pd. Kata kunci Ukiran Motif Ornamen. Rumah perak Abdullah sani merupakan tempat penghasil perhiasan perak di kota Malang. Perhiasan dirumah perak ini memiliki berbagai motif ukiran bisa diidentifikasi pada semua perhiasan yang dihasilkan oleh para perajin sesuai desain dari pemilik dan desainer perhiasan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi tentang berbagai desain motif perhiasan yang ada serta untuk mengklasifikasi bentuk motif apa saja yang ada pada perhiasan perak Abdullah Sani. Melalui penelitian ini bisa diperoleh berbagai manfaat salah-satunya adalah mengembangkan motif yang ada pada ukiran di rumah perak Abdullah sani sebagai bahan pembelajaran seni budaya didaerah setempat. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif ini dilaksanakan di rumah perak Abdullah sani sejak Maret 2018 Mei 2018. Sumber data pada penelitian ini adalah perhiasan yang ada dirumah perak Abdullah Sani. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data ialah menggunakan metode observasi untuk memperoleh data utama serta metode wawancara dan metode analisa dokumentasi untuk memperoleh data penunjang. Triangulasi teknik pengumpulan data digunakan sebagai metode untuk memperoleh keabsahan temuan yang bisa dipercaya. Hasil dari penelitian di lapangan membuktikan ada tiga klasifikasi motif yang bisa diidentifikasi dengan baik. Tiga motif tersebut adalah (1) motif tumbuhan atau flora (2) motif hewan atau fauna (3) motif imajinatif. Dari tiga klasifikasi motif yang sudah disebutkan ada motif yang paling dominan muncul yaitu motif ukiran flora atau tumbuhan yang hampir ada di setiap perhiasan. Saran yang bisa diajukan penelitian ini ialah agar bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya Desainer Rumah Perak Abdullah Sani untuk lebih meningkatkan desain-desainnya Desainer pada umumnya disarankan untuk dapat membuat berbagai rancangan-rancangan perhiasan yang dapat mencirikan Indonesia bagi Guru seni budaya disarankan untuk dapat memberikan materi tentang desain perhiasan terutama untuk dapat menciptakan desain-desain baru dan bagi peneliti lain agar bisa menyempurnakan hasil penelitian ini bahkan bisa sampai melakukan pengkajian dan analisa lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13013

Actions (login required)

View Item View Item